Senin, 22 Oktober 2012

tiket konser kok mahal?

Pengen nonton konser band anu, deh. Tapi tiketnya mahal banget!” Inilah rata-rata keluhan orang yang pengen nonton konser tapi nggak mampu beli tiket. Ngeluh boleh tapi jangan marah-marah ke promotor sampe demo segala, ya. Nih, aku kasih tau alasan dibalik harga tiket yang mahal.

1. Artis Internasional
Namanya juga artis internasional, udah pasti tarifnya pun ‘internasional’ alias mahal. Udah gitu ngurus perizinan dan ngelobi sampe si artis mau konser di suatu tempat nggak gampang. Pasti proses negosiasinya panjang. Apalagi kalo venue-nya di Indonesia. Pernah kejadian, kan, konser penyanyi internasional dibatalin karena ada anceman dari oknum tertentu?

2. Sewa Gedung Mahal
Namanya juga konser, nggak mungkin, dong, diadain di tempat yang kecil macam aula sekolahan? Emang mau latian marawis? Udah pasti dicari gedung yang bisa menampung ratusan bahkan ribuan orang. Kalo di Indonesia, tempat yang biasa dijadiin venue konser adalah Tennis Indoor Senayan dan Pantai Festival Ancol. Nah, nyewa tempat-tempat macam itu nggak mungkin murah, dong? Ya, kali!

3. Biaya Akomodasi
Kalo artis-artis pada konser di sini emang siapa yang beliin tiket pesawat? Udah gitu pasti nginep di hotel, kan? Nggak mungkin tidur di ruko kan? Trus siapa yang bayarin hotel? Siapa yang nyediain tiket pesawat? Kamu kira mereka bayar sendiri? Ya nggaklah. Semua itu diurus promotor. Berapa biayanya? Itung aja sendiri!

4. Bokek
Kenapa harga tiket konser mahal? Ya karena kita lagi bokek dan kebetulan bukan anak konglomerat. Itu aja, sih, sebenernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar