Senin, 22 Oktober 2012

Tips Stand Up Comedy for NYUbie dari Acho


Oke NYUNYUers sekalian di manapun kamu berada. Udah ada yang pernah nyobain naik panggung jadi comic belum? Oya, comic itu comedian dengan mic, alias orang yang melakukan stand up comedy di atas panggung. Nah, NYUNYU bakal minta salah satu comic andal yang udah jalan-jalan ke berbagai kota buat stand up comedy. Dia adalah Muhadkly, sering dipanggil Acho, anak Priok yang sukses melanglang buana. Yaudah, langsung aja deh kita tanya gimana pengalaman dia…

Hai, Acho! Kamu kan udah jadi comic andal dan kondang nih,  NYUNYU mau tanya gimana sih kalo mau jadi comic tapi masih nyubie banget. Bagi tipsnya dong,  Kak Acho. *siap-siap nyatet*

Sejujurnya, semua comic di indonesia masih newbie kok, kan Stand up comedy di Indonesia lahirnya baru setahun yang lalu. Jadi aku cuma kasih sebatas hal yang bisa dishare aja ya. Ada beberapa poin sih yang perlu diperhatikan untuk menggeluti profesi sebagai stand up comedian, yaitu:

1. Perbanyak Referensi
Hal pertama yg perlu dilakukan adalah melihat penampilan2 dari comic2 baik di dalam dan luar negeri, bisa lewat Stand Up Nite Gigs, TV, DVD atau nonton di youtube. Ini penting untuk kamu, supaya bisa membedakan mana yang stand up comedy dan mana yang bukan. Selain menonton, bisa juga dengan datang ke tempat openmic rutin terdekat, supaya bisa sharing langsung dengan teman2 komunitas.

2. Mulai Tulis Materi
Ini adalah faktor terbesar, kenapa stand up comedy sering disebut dengan “smart joke”, karena semua materinya melalui proses observasi, pemikiran dan akhirnya ditulis. Jadi bahasannya selalu seputar hal-hal yang memang kita temui di kehidupan sehari-hari. Seorang comic harus bisa melihat hal apapun dari sudut pandang komedi, point of view itulah nanti yang disuguhkan. Materi yang kuat adalah modal utama untuk bisa menjadi stand up comedian yang baik.

3. Bawakan Materi Lewat Openmic
Setelah selesai menulis materi, tentunya materi itu perlu diuji, apakah sudah lucu atau belum. Caranya dengan openmike. OpenMike adalah sarana untuk latihan stand up comedy, test materi, juga untuk melatih cara membawakan materi tersebut(delivery). Makin sering openmike, maka mental dan skill kamu makin terasah. OpenMike bisa dilakukan di banyak tempat, saat ini sudah ada ratusan openmike rutin di seluruh Indonesia, cek ke komunitas stand up comedy di kota kamu, openmike ini 100% gratis, semua boleh coba.

4. Cari Job Berbayar.
Kalau kamu sudah teruji mampu perform dengan baik di depan audiens, maka mulailah cari job yang berbayar, ini memang relatif sulit, karena tergantung dari permintaan yang mengundang. Tapi sebenarnya kamu bisa coba dengan cara menawarkan diri dulu untuk tampil tanpa dibayar, minimal untuk testing the water sekaligus cari pengalaman. Kalo penampilan kamu bagus, pasti si penyelenggara akan pakai kamu lagi, dan saat dia minta kamu tampil lagi, itulah saatnya kamu pasang harga :)

Standup Comedy itu bisa menggaet cewek yang lagi kita taksir gak sih? Kamu udah pernah mengalami kayak gitu gak?
Kalau soal ini relatif sih ya, tergantung orang yang kita taksir juga, apakah dia suka sama kita karena kita comic atau memang sudah suka secara personal. Lagipula, jangan salah, ngga semua comic itu kesehariannya selalu ngelucu loh, banyak diantara kita yang sehari-harinya justru orang yang serius, bahkan sangat serius. Tapi satu hal yang saya tahu, wanita itu cenderung menyukai pria yang humoris, jadi paling tidak, dengan kamu menjadi stand up comedian, banyak wanita yang suka berteman dengan kamu, selanjutnya ya tinggal gimana kamunya yang melakukan pendekatan. Menurut aku sih, personality tetap nomor satu, lucu itu bonus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar