Minggu, 25 Agustus 2013

Persoalan-Persoalan yang Dialami Kalo Pacaran Beda Agama


Yang nyari pacar emang gak segampang ngerjain TTS, TTS aja susah. Kadang kita pengin ini pengin itu, pengin pacar yang cakep tapi fasilitas muka kita sendiri kurang memadai, pengin pasangan langsing tapi badan kita gak keurus kayak gudang barang bekas, pengin pacar rapih kaya model sampul majalah, kita kayak bungkus gorengan. Repot.

Belom lagi jodoh itu entah dateng dari mana pula. Bagus kalo sesuai sama keinginan, kalo gak gimana? Ya diterima aja, selagi ada. Emang nyari pacar gampang? Nyari pacar itu gak segampang ngerjain TTS, TTS aja susah. (Deja vu gak? Kayak pernah baca di mana gitu kan ya?)

Di negara kita yang sangat heterogen ini, belom tentu kita bisa dapet yang semuanya sama ama kita. Bisa beda suku, beda asal-usul, beda status, beda agama, sampe beda perasaan (dianya suka, kamunya nggak).

Nah, pertanyaan percintaan yang cukup mengusik kita, apa kabar yah kalo pacaran beda agama?
(Penulis mengambil waktu untuk menghela napas terlebih dahulu)

Karena topik ini cukup berat, maka kami akan mencoba membahasnya melalui beberapa pertanyaan-pertanyaan yang temanya ‘Pacaran Beda Agama’.

1. Kita harus jadian gak?

Keputusan ada di tangan kamu. Semuanya harus kamu pikirin mateng-mateng. Apa nanti tanggepan orang tua (ini yang paling berat ketika kamu harus pacaran sama yang beda agama). Urusan jadi apa gak, ya balik ke kamu, apalagi kalo kamu cowok. Harus yakin sama pilihan kamu.

Kalo kamu putusin jadian, ya kamu bakalan tau resikonya apa aja. Misal, ujungnya udah bisa dipastikan gak bisa ke jenjang selanjutnya, orang tua bakalan riweuh dan menyarankan kamu segera putus. Kemungkinan besar harus menggunakan sistem backstreet.

Dengan semua pertimbangan itu, kalo kamu tetep kekeuh dan ngerasa pengorbanan kamu emang terbayar dengan jadian sama si gebetan maka saran kami, jadiin!

2. Kenapa orang tua bakalan ribet kalo kita pacaran beda agama

Karena... orang tua selalu ingin yang terbaik buat anaknya. Dan orang tua selalu ingin anaknya di jalan yang sama dengan mereka. Makanya kalo sampe anaknya pacaran dengan yang beda agama, maka mereka akan ngerasa gagal dalam mendidik anaknya.

Terus gimana caranya biar bisa diizinin sama ortu?

Maka di sini, kamu harus ngerti dulu, gimana sih perasaan mereka. Kalo kamu udah ngerti, selanjutnya kamu harus bener-bener yakinin mereka kalo kamu baru sekedar ‘pacaran’ kan belom tentu nikah juga. Kalo baru pacaran aja masa gak boleh sih.

Ya sukur-sukur tar gebetan mau diajak pindah ke agama yang sama. Kalo gak, ya tinggal cari yang baru... *kayak gampang aja*

Dan sekadar info aja, di kenyataannya juga (CMIIW) banyak dari keluarga yang menikah beda agama, kelangsungan keluarganya kurang bertahan alias game over di tengah-tengah. Nah, masa si ortu mau anaknya gitu? Nggak dong?! ... Tapi gak berarti yang menikah beda agama bakalan pasti game over ya. Ada aja kok yang berhasil, tergantung gimana ngejalaninnya aja.

3. Lebih enak mana pacaran beda agama apa yang seagama?

Mau seagama juga percuma kalo nggak seperasaan.

Kalo dibanding-bandingin ya udah jelas enakan sama yang seagama. Apalagi kalo direstui sama orang tua sendiri. Jadi lebih luwes pacarannya, bisa bawa-bawa ke rumah juga. Kalo kedua belah pihak cuco’ tinggal dilanjutkan ke jenjang selanjutnya deh.

Beda dengan pihak yang beda agama, kalo orang tua gak setuju, jelas kita harus sembunyi-sembunyi. Gak bisa apdet-apdet foto ‘pacaran’ sama si ayang, jadi kurang gimanaaa gitu.

4. Kenapa harus pacaran sama yang beda agama

Rasa sayang itu gak cuma buat yang seagama. Bisa aja kita tiba-tiba jatuh cinta sama yang beda agama. Dan ini dipastikan banyak terjadi, apalagi di sekolah-sekolah yang nyampur. Kemungkinannya cukup besar.

Dan kenapa kita harus pacaran? Ya karena kita sayang, kalo gak ngapain juga dipacarin. Kalo kita sayang, tapi gak diungkapin, tar bokernya jadi keras. Mendingan dilaksanain aja, dengan konsekuensi ya gak bakalan everlasting.

Tapi senggaknya kita udah punya memori sama si dia. Kita bisa nunjukin walaupun kita beda agama, tapi kita bisa jadi contoh yang baik satu sama lain, bahwa walaupun beda tapi tetap bisa akur. Yang terpenting lagi, itu bukti bahwa rasa sayang nggak mengenal perbedaan. #ahsedap

5. Apa yang terjadi di ujung cinta beda agama yang telah usai?

Ya udahan. Emang kenapa?

Bergalau-galau yang bertele-tele? Gak beda agama juga bisa terjadi kalo galau mah. Namanya cinta, kalo udahan pasti ada masa menye-menyenya. Tapi kalo semua usai dengan baik-baik, ya gak lama sih menyenya.

Semuanya balik ke kamu sama si pacar, usahain semuanya berjalan dengan baik, selesenya juga harus baik-baik. Kan tadinya cinta? Kalo udahan, dan itu untuk kebaikan kalian berdua, ya dijalanin aja dengan baik, gak perlu pake nangis-nangis India segala.

Di masa tragis ini, usahain kalian banyakin ketemu temen, cari aktivitas menarik yang membuat kamu lebih ceria. Gak harus lupain dia, tapi anggep dia sebagai sahabat dekat kamu. Inget, bukan pacar lagi ya.

Itu beberapa hal yang bisa kami bahas mengenai pacaran beda agama. Kami yakin kamu punya banyak pertanyaan tentang topik ini. Yuk bahas rame-rame di comments. Siapa tau ada yang punya pengalaman seru, pasti ada yang lagi ngalamin juga kan nih?!... Kita tau kok, hihi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar