Minggu, 25 Agustus 2013

Siklus Menunda-Nunda


Artikel yang kamu baca ini merupakan pengalaman pribadi dari si penulis. Bahkan dia tidak sendirian, pasti banyak di luar sana yang masih suka menunda-nunda pekerjaannya. Dan kamu, pasti salah satunya juga.

Menunda suatu pekerjaan untuk diselesaikan itu bukan hal yang baik, tapi pada kenyataannya ini menjadi hal yang sudah terlalu biasa terjadi. Dan kalo kamu udah ngerasa itu hal yang biasa, berarti menunda udah jadi penyakit yang susah disembuhkan. Kayak kutil kronis.

‘Sebagus-bagusnya rencana, gak akan berarti, kalo gak dilakuin segera’

kredit: CBS

Akibat mutlak dari suka menunda pekerjaan adalah keterlambatan dan kegagalan. Semua ini karena kita cuma berpatok pada satu kalimat “Ah, masih ada hari esok..!”

Apa kamu segitu yakinnya masih ada hari esok buat kamu? Kalau pun ada apa semuanya sudah bisa dipastikan bisa selesai besok? Apa cukup waktu?

Pertanyaan-pertanyaan itu selalu dipermudah dan dipersingkat. Semua yang ada di bayangan kita adalah besok bakalan ada mood yang lebih bagus, timing  yang lebih tepat, bakalan lebih seru, dan lain-lain. Tapi kenyataannya, besok  cuma hari ini yang terulang karena kamu bakalan mikirin hal yang sama di keesokkan harinya.

Menunda pekerjaan merupakan kesalahan kita sendiri, karena kita memilih untuk gak ngerjain dulu, sedangkan kita punya pilihan lain yaitu nyelesein pekerjaan itu dengan segera. Ada banyak hal yang bisa bikin kita ‘ngelupain’ kerjaan kita dan rela untuk mantengin hal lainnya, misalnya ada telpon dari pacar, sibuk milihin lagu buat nemenin kerja, cari cemilan, main hape, browsing-browsing, dan kadang-kadang  hujan pun mengalihkan kita dari kerjaan.

kredit: Cartoon Network

Kenapa sih kita bisa lebih memilih hal-hal itu? Jawabannya, karena kita gak fokus. Untuk tetep fokus, kita harus tetep sadar, kalo kita punya satu tujuan, yaitu si kerjaan harus dikerjain dengan segera. Kalo kita tetep fokus dengan pemikiran itu, kita bakalan tetep prioritasin si kerjaan daripada hal-hal ‘pengganggu’ lainnya.

Apa sih ruginya?

1. Kerjaan jadi gak selesai

Udah pasti kalo ditunda, kerjaan gak bakal selesai. Kecuali pas nunda, kamu nyewa orang buat ngerjain. Eh ternyata doi nunda juga. Sama bae.

2. Kerjaan satu gak selesai, yang baru dateng lagi.

Karena kamu gak selesain, dan nganggep masih ada hari esok. Jadi kamu santai-santai aja sampe akhirnya kamu baru inget kalo minggu depan bakalan ada tugas baru lagi. Kamu tetep santai dan gak kerasa udah sampe di hari di mana kamu udah dapet yang baru lagi. Akhirnya tugas kamu makin banyak yang belom diselesain dan numpuk. Hem....

Kredit: Memebase.com

3.Pikiran jadi gak plong

Kerjaan yang gak selesai tuh bikin gak nyaman. Rasanya mirip-mirip dua hari tanpa boker. Kayak ada yang ganjel baik di pantat ama di otak. Kurang plong rasanya.

4. Jadi kebiasaan

Karena kita udah biasa dari hal-hal kecil kayak PR ditunda-tunda, lama-lama akhirnya bisa keterusan ke hal-hal yang lebih besar. Nyari duit ditunda-tunda, nyari jodoh ditunda, akhirnya ya terlambat, dan kamu jadi sering gagal.

Masih mau nunda-nunda pekerjaan kamu? Sekalian nunda cari gebetan juga? Hemm.. inget menunda pekerjaan itu cuma bakalan nambahin kerjaan di hari yang akan datang dan gak  nyelesein apa-apa.

Ngalamin juga kan? Ceritain di kolom comments ya seahli apa kamu dalam hal menunda-nunda. Pasti paling banyak pas pulang sekolah sering menunda, bahkan untuk hal sekecil ganti baju dan lepas kaos kaki aja. NGAKU!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar