Selasa, 08 Januari 2013

#MainArticle Beda Santa Claus dan Sinterklas



Pada tau dong Sinterklas? Biasanya kalo udah deket sama Natalan gini, mereka bakalan duduk-duduk di Mall, dikelilingin sama kado-kado, terus foto-foto deh sama bocah-bocah piyik. Biasanya mamanya juga pada ikutan nimbrung biar gak kalah eksis. Tapi.... Biasanya kita taunya Sinterklas, itu bahasa Indonesianya Santa Claus kan?! Nah ternyata 2 figur itu beda loh kawan-kawan..! Baru tau kan? Nih NYUNYU jelasin yah satu-satu.
Kita mulai dulu dari Sinterklas yah.. Sinterklas dateng biasanya pake kereta kuda gitu, mirip-mirip andong kali ya? Terus.. Dia biasanya ditemenin jalan-jalannya sama Piet Hitam (Zwarte Piet).Sinterklas, dia ini dulunya adalah tokoh tradisional di liburan musim dingin untuk negara-negara seperti Belanda, Prancis, Jerman, pokoknya Eropa deh..
Nah, biar anak-anak dapet hadiah, biasanya mereka akan naro rumput di sepatu, rumput itu nantinya akan dituker kado. Kalo enggak gimana NYU? Wah, Zwartepiet akan masukkin mereka ke karung, buat dibawa balik, dan disana mereka akan dijadiin Zwartepiet juga! Woohoo..
Oke, dari Sinterklas kita beralih ke Santa Claus ya.. Santa Claus ini emang asalnya dari Sinterklas yang ada di Eropa. Inspirasi ini dibawa sama pendatang-pendatang di Amerika yang asalnya dari Belanda. Doi bepergian bagi-bagiin kado ke anak-anak pake kendaraan yang ditarik sama rusa, rusanya ada 9 buah totalnya dan yang ke sembilan namanya si Rudolph, ganteng bener nama rusanya yak .. Kwuk!
Santa Claus ini tinggalnya di Kutub Utara. Santa Claus biasanya minta ditaroin kue, untuk dituker sama hadiah. Kalo ga ada kuenya ya kamu dapetnya areng. Jiah... Mau buat sate kali dikasi areng ya.. Kwuk!
Nah, untuk di Indonesia orang-orang biasa manggilnya sinterklas, karena emang bawaan dari jajahan belanda. Tapi yang ada di imajinasinya tetep Santa Claus. Pokoknya intinya merah, gendut, berjenggot, naik kendaraan rusa. Kwuk!
Kalo menurut kalian Santa Claus itu ada apa gak? Kalo ada doi tinggal dimana?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar