Pernah denger kan bajaj? Kendaraan umum kesayangan ibu-ibu yang satu ini masih lumayan beredar di Jakarta. Ada yang warna Oranye ada juga yang biru. Kendaraan ini masih banyak dipakai karena harganya cukup bersahabat. Tapi... yang namanya murah, pasti ada minus-minusnya. Antara lain, pas naik bajaj kita bakal dapet fitur Vibrate yang gak jauh beda sama smartphone kalian. Dan ini semua gratis, geter sampe tujuan. Selain itu karena Bajaj masih menggunakan mesin 2 tak, jadi suaranya dijamin. Treng neng neng neng.... Rame pisan.. Kwuk!
Nah, sebenernya gimana sih ceritanya, sampe si bajaj ini bisa nongol di Indonesia? Bajaj, atau yang biasa dibacanya bajai ini ternyata asalnya dari negara nehi-nehi alias India. Kwuk! Bajaj ini bertahan di Jakarta yang gaswat lalu-lintasnya ini soalnya dia punya mesin yang bandel, jadi tetep strong biar digeber tiap hari.
Pernah kebayang kan, kok Bajaj agak mirip vespa? Ternyata emang bajaj ini bisa dibilang modifikasi dari skuter merk Bajaj Auto (India) yang berada di bawah lisensi Vespa. Baru tau kan? NYUNYU juga.. Kwuk!
Bajaj ini mendarat di Jakarta tahun 1970an.. lama juga ya?! Waktu itu Bajaj dateng dengan bentuk kendaraan kecil, kemudinya mirip sama vespa, terus bannya ada tiga, satu di depan dan dua di belakang. Kapasitasnya buat dua orang penumpang dan si om Sopir, bisa juga ditambah satu anak kecil lagi. Tapi kalo kepepet sampe 7 orang juga muat kok. Kwuk!
Sekitar tahun 2005-2006 karena bajaj menghasilkan polusinya yang cukup besar, akhirnya bajaj diganti dengan yang berbahan bakar premium atau BBG (gas). Tapi yang terlihat saat ini sih kebanyakan Bajaj berwarna biru, yang berbahan bakar gas. Selain itu juga sempat muncul Toyoko, Bajaj kuning. Ada juga kendaraan yang namanya Kancil dan Tawon.
Sangking pamornya Bajaj ini, sampai ada satu serial TV yang dikenal masyarakat Bajaj Bajuri, dengan pemerannya Mat Solar.
Satu lagi yang sangat dikenal dari bajaj, kalo mau belok, cuma supir bajajnya sama Tuhan yang tau.. Kwuk!
Pernah naik bajaj? Atau punya pengalaman seru dengan bajaj? Apa pernah nyetir bajaj juga? Ceritain dong ke NYUNYU !!