Kamis, 10 Oktober 2013

Cara-Cara Minum Obat


Kadang kita suka ngerasa agak bingung kalo si pak dokter bilang, “Semoga lekas sembuh ya.” Terus kalo pasiennya pada sembuh dia kerja apa ya? Kan kalo gak ada lagi orang yang sakit bisa-bisa dokter sama rumah sakit pada bubaran. Karena itu, kita menyimpulkan bahwa bakalan ada aja orang sakit tiap harinya, karena para dokter bisa aja nggak benar-benar tulus ketika mendoakan.

Dan apa salah satu hal yang deket sama penyakit? Ya obat! Obat tuh rasanya gak enak, kalo enak mah bakal dicemilin sambil nonton bola. Karena itu, banyak orang yang punya caranya sendiri buat masukin si obat ke dalam tubuh mereka. Soalnya, ternyata banyak juga yang tubuhnya nggak bisa nerima obat apa adanya. Ya, mereka selalu menolak ketika ada obat mau masuk lewat kerongkongannya.

Kadang orang jadi kreatif kalo kepepet. Kreatif sih boleh, tapi jangan minum terus di-mix-mix gitu yah obatnya. Sakit perut minum obat migrain, sakit kepala minum obat diare. Tar kalo pantat kamu jadi pusing gimana? Kan kasian.

Gimana sih cara minum obat yang bener? Tentunya dengan cara yang tidak salah.

1. Konvensional
Minum obat ini sering kita temuin. Cukup pegang tablet atau kapsulnya dengan mendekatkan ibu jari dan telunjuk. Lalu arahkan ke mulut, dongak sedikit, sambil tangan kiri megang air minum. Abis itu taro obatnya di lidah, terus minum airnya sampe obatnya masuk dengan selamat. Jangan lupa juga buat merem melek pas proses obatnya masuk. Biar lebih menghayati.

Kalo udah masuk biarin aja yah, jangan dipanggil keluar lagi.

2. Pake pisang
Katanya sih cewek-cewek suka pisang, walau cowok juga ada aja yang suka. Benda melengkung satu ini suka juga dijadikan media untuk menyelipkan obat di dalamnya. Jadi si obat dimasukkin ke pisang terus pisangnya ditaro di meja dimakan.

Betenya adalah ketika kamu makan pisangnya masih kerasa obatnya atau gak obatnya gak kemakan-kemakan. Ternyata obatnya di lantai, jatoh.

3. Puyer + sirup
Buat dede-dede yang masih lutu-lutuna, kadang mereka masih minum puyer. Tapi kasian, jangan ketuker puyer sama bubuk kapur yah, soalnya mirip. Tar bukan sembuh malah TBC.

Nah, kalo minum puyer bukan diisep pake idung yah. Tapi dicampur sama sirup. Boleh sirup rasa setlobeli atau rasa jeyuk. Kalo kamu suka sirup mengkudu juga boleh aja. Tapi gak membantu sih sepertinya. Minimal pake air lah, air anget.

4. Dicampur ke makanan
Ada juga mahluk-mahluk yang nyampur obatnya ke makanan atau bisa juga minuman. Tapi bukan yang kayak di tipi-tipi ya. Ada tante rambut palsu masukin obat ke minuman mertuanya, terus jadi ngantuk, terus bobo selamanya. Itu gak boleh ditiru yah.

Obatnya dimasukin ke makanan semacam bumbu tabur gitu. Biar gak berasa-berasa banget. Apalagi kalo kamu campurnya ke dalem makanan prasmanan di kawinan. Minum obat rame-rame, cihuy!

5. Disuntik
Kalo kamu di rumah sakit, biasanya suka ada suster-suster gemes yang mantau kamu tiap pagi siang malem. Nah mereka biasanya ngecek keadaan kamu, sambil ngasih jatah obat juga. Kadang kalo obatnya gak kapsul atau tablet, bisa juga disuntikin ke badan kamu langsung. Biasanya sih agak sakit, karena pake jarum. Tapi itu lebih baik daripada kamu disuntiknya pake bambu.

Tapi jangan dicoba di rumah kamu ya apalagi nyuntik sendiri, tapi harus sama orang yang ngerti kalo urusan beginian.

Nah, pas kemaren kamu sakit, kamu minum obatnya pake cara yang nomer berapa? Atau kamu ada cara lain lagi kalo minum obat? Coba kasih tau kita deh..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar