Kamis, 10 Oktober 2013

Fungsi Rahasia Smartphone yang Perlu Kamu Tahu


Kamu punya smartphone, tapi cuma paham penggunaan tombol-tombol dan menu dasarnya aja? Ah, kamu tong kosong nyaring bunyinya, pake smartphone cuma untuk gaya. Itu sama aja kayak jadi Batman tapi pas mau make tali untuk manjat kamu ngelempar tali kayak koboy, padahal ada tombol yang sekali dipencet tali bisa keluar ke tempat sasaran.

Kalau Batman punya Alfred, kamu juga punya Nyunyu yang bakal ngasih tau kamu tips-tips jitu yang nggak banyak diketahui orang dalam memaksimalkan smartphone, terutama pas menggunakan aplikasinya.

Dalam smartphone itu kan ada banyak aplikasi tuh. Kadang kita nggak tau kalau mereka menyediakan hotkey yang bisa memudahkan penggunaannya. Nggak jarang juga, tiap kali update aplikasi ada hotkey yang ditambahin. Biasanya emang mereka nggak ngasi tau secara gamblang, kita yang kudu rajin-rajin ngulik. Tips hotkeys berikut ini emang nggak secanggih punya Batman, tapi tetep bakal membuat hidup kamu lebih indah, aman, tentram, loh jinawi.

Kirim Direct Message Lewat Kolom Twit
Udah pada tau belum, kalau mau nge-DM orang kita nggak perlu repot-repot nyari tombol bergambar surat atau malah ngedatengin profil si orang itu. Cukup dengan satu huruf tambahan kita bisa melakukannya.

Di kolom twit, kamu hanya cukup menuliskan huruf D diawal lalu diikuti usernamenya.

Contoh: “D @NyunyuCom Nyu, makasih yah tipsnya. Hidup aku jadi lebih berguna.”

Dengan hotkey tersebut, pesan yang kita tulis nggak bakal masuk ke timeline tetapi langsung masuk ke inbox Direct Message orang yang kamu tuju.

Tweet Draft
Biasanya kalo pas ngetwit tapi nggak yakin sama twitnya, akan disimpen di kotak draft. Tapi kadang-kadang untuk masuk ke kotak draft itu agak-agak ribet. Nah, ternyata ada cara gampangnya.

Sentuh dan tahan tombol twit/compose yang ada di deket kolom twit.

Repath
Anak Path baru sering banget kebingungan gimana cara untuk nge-Repath...
 


Emang sih, si Path nggak ngasih tau terang-terangan gimana caranya. Padahal di smartphone yang touchscreen hal ini gampang banget dilakukan. Caranya adalah...

Sentuh dan tahan gambar yang mau kamu repath.

Masuk Photo Gallery dari Instagram
Ahhh, jangan ngaku-ngaku anak Instagram sejati kalau cuma khatam jenis-jenis filter-nya tapi nggak tau hotkey ini. Jadi, di Instagram kalau kita mau upload foto yang ada di galeri smartphone, kita bisa masuk langsung tanpa harus ngelewatin menu foto dari kamera. Tapi tapi tapi, hotkey ini cuma ada di instagram versi iOS, belum bisa di Android

Sentuh dan Tahan gambar kamera yang ada di bagian menu bawah.

Screenshot
Biasanya kasus awam cara screenshot terjadi pada cewek-cewek. Mereka selalu iri tiap ada temennya nge-post screenshot chating tapi pada malu nanya caranya gimana. Untuk yang satu ini memang beda smartphone beda cara. Nih, Nyunyu kasih tau beberapanya:

Android (Jellybean): Tahan tombol power dan volume down secara bersamaan
iOS: Tahan tombol lock dan home button secara bersamaan.
Blackberry Z10: Tahan tombol volume up dan volume down secara bersamaan.
Nokia 3310: foto layarnya pake kamera.

Ada tambahan nih buat kamu...
Benerin home button yang nggak responsive.


Ada banyak kemungkinan kenapa home button iPhone atau iPod kamu rusak. Nah salah satunya bisa kamu lakukan dengan kalibrasi fungsinya. Caranya begini:
·      Buka aplikasi bawaan dari iOS kayak Clock, Calenders, dll.
·      Tahan tombol lock sampai keluar “Slide to power off”
·      Tekan dan tahan home button 5-10 detik sampai aplikasi menutup.

Kira-kira begitulah, silakan dicoba. Kalau ada yang tahu tips-tips lainnya share juga bisa dong di kolom komentar. Okeh?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar