Kamis, 10 Oktober 2013

Tahap-Tahap Ngerjain Tugas


Mengerjakan tugas iadalah kegiatan yang sakral. Ada rukun-rukunnya yang kudu kita lakukan dulu sebelum memulai ngerjainnya. Nggak peduli tugas itu susah atau gampang. Yang jelas untuk ngerjain, sedikit sekali kemungkinan kita bisa langsung mengerjakannya. Setuju?!

Hal ini terjadi karena mengerjakan tugas itu nggak cuma persoalan mencari jawaban yang benar dengan rumus yang benar pula, tetapi juga mencari mood dan yang paling penting, mencari semangat yang tercecer. Semua itu nggak bisa kita cari di search engine. Kita nggak akan bisa memulai ngerjain tugas sebelum menemukan hal-hal itu.

Sama seperti yang kalian rasakan saat mengerjakan tugas sekolah atau kampus, gue pun mengalami kesulitan dalam membuat tulisan ini. Bukan karena tema tulisannya susah, tetapi karena…. Ah sudahlah, kalian pasti tau jawabannya. Jadi beginilah tahapan-tahapan yang biasa kita lalui saat mengerjakan tugas.

Nyiapin Cemilan
Nggak lengkap kalau ngerjain tugas tapi nggak ada yang kita kunyah atau seruput. Minimal, kita kudu bikin kopi dulu lah dan jajan ciki di warung.
          
Pemanasan

Ngerjain tugas itu butuh energi dan bakal menyita waktu lo. Pemanasan kecil dengan meregangkan jari, pletekin leher, atau push-up kecil bisa kita lakukan. Biar seger.

Ngerapihin meja belajar
Pekerjaan yang baik harus diawali dengan pikiran yang bersih. Karena itulah meja belajar harus kita beresin dulu biar kita enak ngerjain tugasnya. Suasana yang berantakan bakal bikin otak kita juga berantakan. Tul nggak?

Nyalain laptop
Cemilan ready, badan udah seger, meja belajar udah rapih, saatnya laptop atau komputer dinyalakan. Dipencet tombol powernya, dibuat menjadi menyala. Sambil nunggu semua aplikasi siap, bisa lah itu kopi diseruput.

Bikin playlist
Maaan, kamu emangnya bisa hidup tanpa musik? Nggak kan. Makanya, buka lah dulu music player. Pilih-pilih lagu yang paling cocok untuk ngerjain tugas. Kalau ada lagu yang belum kamu punya, jangan ragu untuk donlot dulu.

Ngetwit dulu
Masa mau kalah sih sama temen-temen kamu yang tiap lagi pusing kerjaan pasti ngetwit, biar dunia pada tau gituh. Maka dari itu, tunjukkan kepada dunia ini kalau kamu juga sedang akan mengerjakan tugas. Kasih tau orang-orang kalau kamu juga bisa sibuk dan punya banyak kerjaan. Punya kehidupan.

Chat di grup
Tugas sekolah itu bukan cuma ditujukan untuk kamu seorang. Temen-temen sekelas kamu juga punya kewajiban yang sama. Nah, sebelum ngerjain tugas, ngobrol di grup chat itu dianggap bisa memudahkan tugas, kita jadi tau progress temen-temen, bisa nemu temen sependeritaan dan bisa ngobrol. Kadang chat di grup memang sangat membantu kita……. untuk melupakan tugas.

Donlot film
Ngerjain tugas itu kan bakal ngabisin waktu lama, jadi kita bisa menyelam sambil minum air. Manfaatkan waktu ngerjain tugas itu sebagai waktu untuk donlot film juga. Jadi, ketika tugas selesai, kita punya hadiah, yaitu nonton film baru. Betul kan?

Buka Ms Office
Selamat. Kamu sudah mencapai titik penting dalam mengerjakan tugas. Kamu sudah puas berleha-leha dan kamu sudah memantapkan diri untuk memulai kerja.

Memulai kalimat pertama (biasanya nulis judul) dan CTRL+S

Hebat! Sungguh hebat. Ternyata kamu nggak cuma basa-basi pas ngebuka Ms Office. Kamu benar-benar mengerjakan tugas. Kamu sudah berhasil nulis judul makalahnya dan kamu sudah menulis kalimat pertama, biasanya sih judul dulu. Karena sudah sampai di sini, jangan lupa save dokumen tugas kamu biar nggak ilang kalo seandainya tiba-tiba mati lampu, setelahnya kamu berhak menghadiahi diri kamu dengan….

Cek timeline, sambil minum kopi terus cek donlotan, dan liat chat di grup

Yeah, begitulah memang tahapan dalam ngerjain tugas. Ada yang pernah ngalamin? Kalau yang belum, kamu perlu dengan sangat, untuk mencobanya. Lalu ceritakan kepada kami di kolom comments gimanakah hasilnya.

Oya, Nyunyu punya suguhan menarik untuk kalian simak nih. Ya, ini adalah salah satu episodenya Sponge Bob yang cocok banget jadi hiburan di kala ngerjain tugas. Biar kalian sadar!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar