Sabtu, 17 November 2012

16 Hal Unik tentang Mimpi dan Faktanya

16 Hal Unik tentang Mimpi dan Faktanya
- Siapa yang tak pernah bermimpi? Semua orang pasti pernah bermimpi. Dan banyak orang menyebutkan bahwa mimpi itu adalah bunga tidur. Tapi taukah anda fakta-fakta menarik tentang mimpi yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Anjond.com akan merangkumnya dalam 10 fakta unik tentang “Mimpi”. Check this out !
  1. Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).
  2. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.
  3. Otak kita hanya berfungsi maksimal 8% saat kita tersadar dan akan berfungsi 100% saat kita tertidur. Maka dari itu kita bisa pergi kemana saja dalam waktu sekejap dan itu hanya ada dalam mimpi.
  4. Saat kita bermimpi di fase tidur (rapid eye movement/REM sleep), mimpi itu akan terlihat seperti kenyataan/benar-benar terjadi dalam kehidupan anda.
  5. Saat kita terbangun di mimpi dalam fase tidur (rapid eye movement/REM sleep) seringkali mimpi kita akan terasa lebih nyata daripada kita tertidur pulas seharian.
  6. Kamu Akan Lupa 90% Dari Mimpimu Sekitar 5 menit setelah kamu terbangun. kamu akan segera melupakan 50% dari mimpimu, 10 menit kemudian 90% “jalan cerita” mimpimu akan terlupakan.
  7. Saat bermimpi tubuhmu akan Lumpuh, hal ini terjadi agar tubuh kita tak bergerak mengikuti alur cerita yang ada dalam mimpi. Bayangin aja jika kamu bermimpi dikejar anjing, terus kaki kamu tidak lumpuh. Apa jadinya? Kamu bakalan lari-lari dalam keadaan mata tertutup (tidur). Ada hormon yang dihasilkan saat kita tidur yang membuat saraf mengirimkan pesan ke tulang belakang menyebabkan tubuh kita menjadi rileks dan lumpuh.
  8. Seringkali kita bermimpi di tempat asing dan ketemu orang yang tidak kita kenal. Sebenarnya otak kita tidak asal-asal menciptakan itu. sebenarnya itu semua sudah pernah kita liat hanya kita saja yang tak mampu mengingatnya. Mungkin kamu pernah dikejar-kejar seseorang asing dengan golok, tapi kamu tak mengenalnya. Mungkin saja itu adalah teman ibu kamu yang kamu jumpai beberapa tahun yang lalu. Karena sepanjang hidup kita telah melihat dan mengingat berbagai wajah dan tempat. Otak kita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengingat, jadi otak takan kehabisan film untuk direplay di dalam mimpi kita. hehehe :D
  9. Mimpi itu ibarat puisi, sama-sama memiliki simbolisasi makna yang dalam. Oleh sebab itu banyak orang tertarik untuk menafsirkan arti mimpi.
  10. Mimpi yang menjadi kenyataan (Precognitive Dream) biasanya mimpi yang tak memiliki jalan cerita. Melainkan mimpi yang hanya berisikan symbol-simbol tentang masa depan.
  11. Tidak Semua Orang Mimpinya Berwarna.Menurut penelitian 12% orang normal mimpinya selalu hitam-putih lainnya mimpinya bisa Full color (kaya TV aja).
  12. Bayi tidak bermimpi mengenai dirinya sekitar 3 tahun. Tapi sejak umur 3 tahun hingga 8 tahun, dia akan lebih sering mimpi buruk daripada orang dewasa. Oleh sebab itu anak-anak seringkali menangis saat terbangun dari tidurnya.
  13. Pernahkah anda mengalami hal seperti anda tak bisa bergerak saat tidur tapi mata anda terbuka melihat sesuatu yang mengerikan. Misalnya, saat anda tidur anda terbangun dan melihat sesosok makhluk halus didepan anda. Tapi anda tak mampu bergerak dan tak bisa berteriak. Tau kenapa? Sebenarnya itu bukan makhluk halus atau apapun itu. itu hanya fase tidur ketika Otak anda masih di alam mimpi, namun badan anda sudah terbangun. Saat itu otak anda tak mampu mengirimkan pesan ke saraf untuk menggerakan badan anda yang lumpuh saat tidur. Mengenai apa yang anda lihat tersebut, itu hanyalah mimpi karena otak anda masih di alam mimpi.
  14. Mereka yang seringkali bermimpi dan bahkan sampai menangis ketika bermimpi adalah seseorang yang banyak masalah dalam kehidupan nyatanya dan tak puas dengan apa yang ada dalam kehidupan nyatanya.
  15. Tidur yang berkualitas itu ialah ketika tidur tanpa mimpi
  16. Ada juga salah satu Film tentang mimpi yang berjudul ‘Inception’ berceritakan tentang seseorang yang bisa menentukan apa yang mau dia impikan dan mimpi di dalam mimpi yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio. Sudah pernah menontonnya ?

    Nb: Mengenai Tafsiran mimpi-mimpi itu saya cenderung tak percaya, tapi yang saya tuliskan ini adalah hasil-hasil penilitian mengenai MIMPI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar