Banyak arti dibalik balesan “:)”. Banyak yang ngartiin itu tanda kalau temen sms-an atau chating-nya udah males chating, ada juga yang ngartiin itu sebagai bentuk senyuman manis, bahkan ada yang nganggap itu sebagai senyuman orang psikopat. Macem-macem pokoknya.
NYUNYU udah wawancara temen-temen kita nih tentang pendapat mereka soal arti dibalik “:)” ini, dan apa alesan mereka kalau mereka ngirim “:)” juga. Mau tahu? Ini dia selengkapnya.. Kwuk!

Leni, 21 tahun, mahasiswa
 
Menurutku ada beberapa arti dibalik itu:
Pertama, orang yang ngirim “:)” itu memang artinya dia pengen senyum aja. Dua, itu tuh artinya si pengirim lagi males atau bete karena orang yang lagi sms-an sama kita orangnya gak asik. Ketiga, orang yang ngirim “:)” doang itu biasanya orang yang bingung mau bales apa lagi, soalnya kalau gak dibales gak enak.
Aku pernah ngirim sms gitu juga. Alesannya sama kayak faktor dua sama tiga.

Ridwan, 21 tahun, mahasiswa
 
“:)” itu ada banyak kemungkinan, kalo yang sms dari cewek ke cowok, itu bisa jadi si cewek senyum karena senang mendapat sms sebelumnya, jadi dibalas “:)”. Tapi bisa jadi juga, bales sms Cuma “:)” itu karena si cewek atau si cowok males ngetik sms, jadi cuman smile doang. Kemungkinan yang lain, kalo cewek ke cewek, bales smile doang artinya oke atau setuju atau juga bisa males bales. Tapi kalo cowok ke cowok, balesnya smile doang, sebaiknya jangan berhubungan sama itu cowok lagi, cari cowo lain aja #eh.
Gue pernah ngirim juga dong, kalo ke cewek, artinya “aku senang”, entah itu senang karena smsan sama cewek itu atau karena sebelumnya abis pergi sama cewekitu . Ke cowok juga pernah, karena males bales, tapi biasanya cowok itu berpikiran lain.

Gandia Mega, 20 tahun, sudah kerja.
dapet balesan sms “:)” itu tuh artinya si dia lagi males sms-an sama kita. biasanya, kalau orang pacaran tuh ngirim gituan kalau abis baikan tapi masih belum bisa maafin banget.
Gue pernah ngirim sms smile doang juga. Waktu itu soalnya gue habis digombalin pacar. Bingung mau bales apa, jadi ya udah bales “:)” aja.

Made Mahardika, 21 tahun, mahasiswa
Arti dibalik “:)” itu berjuta makna. Terkadang bikin geer, kadang bikin bingung ,kadang bikin seneng, kadang bikin degdegan kalo ga ada lanjutannya. Terserah kita mengartikannya aja. Tapi lebih berarti sering geer-nya sih haha.
Gue pernah ngirim smile doang juga. Alesannya untuk bikin penasaran aja sih. Lebih sering juga gara-gara gak berani ada kata-kata selanjutnya. Kadang-kadang juga biar dapet “:)” balik. Hehe.