Kita tentu aja udah gak asing lagi sama yang namanya blog. Mulai dari baca blog sampai menulis di blog udah jadi hal yang nge-trend beberapa tahun ini. Tua, muda, bahkan anak-anak pasti udah kenal sama yang namanya blog. NYUNYU yakin, kamu-kamu juga pasti pada punya blog kan? Walaupun pacar gak punya, minimal blog harus punya lah. Kwuk!
Tanggal 27 Oktober ini diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Sekitar 5 tahun lalu, tepatnya 27 Oktober 2007, Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan oleh Pak Menteri Komunikasi dan Informatika RI waktu itu, Muhammad Nuh. Jadi, buat para blogger, selamat ulang tahun!
Blog itu pada intinya adalah catatan online. Pada awalnya, blog ini diprakarsain sama blogger.com yang muncul pas tahun 2002. Di catatan online ini, kita bisa lakuin banyak hal. Mulai dari nulis, share foto, bahkan video. Oh ya, Blogger itu sebutan untuk penulis blog. Tapi, bukannya blogger itu roti yang ada dagingnya ya? Oh, itu mah burger. Krik.. krik..krik..
Karena fasilitas blog yang memungkinkan kita buat menulis dan nge-share tulisan itu, makanya blog bisa dipake buat macem-macem hal. Contohnya aja kayak anak ABG zaman sekarang yang sering ngejadiin blognya sebagai diary. Mulai dari kegiatan sehari-hari sampai kegalauan yang sering dia alami, dia tulis di blognya.
Gak cuma buat diary, karena blog juga bisa dimiliki sama satu kelompok atau perusahaan, kadang-kadang blog juga dijadiin tempat kampanye atau tempat untuk nge-share informasi. Tapi kayaknya, kalau jadi tempat pacaran susah ya.
Banyak juga blogger yang ngejadiin blognya sebagai sumber download-an. Mulai dari sumber download lagu, bahkan sumber buat download film pun suka ada. Walaupun udah dikit blog yang nyediain fasilitas untuk download film.
Banyak blogger Indonesia yang udah terkenal banget, misalnya Raditya Dika. Kalau blogger yang satu ini pasti udah pada tahu toh? Yap, si Kambing Jantan yang punya blog radityadika.com (dulu kambingjantan.com) ini bahkan jadi blogger pertama di Indonesia yang isi blognya dibukukan. Selain Dika, ada Kak Enda, salah satu sesepuh blogger di Indonesia, bahkan dijuluki ‘bapak blogger Indonesia’. Ada juga Kak Pandji Pragiwaksono dengan blognya pandji.com, dan Bena Kribo dengan benablog.com yang blognya kreatif banget. Coba aja kamu liat blog Kakak-kakak itu, keren-keren loh. NYUNYU aja sampe jatuh cinta sama blognya.
Nge-blog itu enak guys, manfaatnya juga lumayan banyak. Dengan nge-blog, kamu bisa luapin isi hati kamu. Dengan nge-blog, kamu juga bisa mengekspresikan kreativitas kamu jadi hal-hal yang berguna. Selain itu, blog kamu juga bisa jadi bahan portofolio buat bukti kamu udah pernah nulis apa aja.
Dengan rajin nge-blog, banyak hal yang mungkin aja terjadi sama kamu. bisa aja blog kamu dijadiin buku, bahkan bisa aja blog kamu jadi tempat iklan. Wah kalau udah jadi buku atau tempat ngiklan, pemasukan uang bisa banyak tuh. Kwuk!