Selasa, 02 April 2013

Aryton Senna Meninggal di ‘Tangan’ Sesuatu yang Ia Cintai

#MainArticle

Aryton Senna Meninggal di ‘Tangan’ Sesuatu yang Ia Cintai


Udah NYUNYU sering bilang ke dia, jangan kebut-kebutan dan balap-balapan, apalagi tikung-menikung, bahaya! Ditikung sama temen itu menyakitkan, Bro! (kok curhat sih, NYU?). Balapan emang bahaya, tapi bahaya ini ternyata adalah sesuatu yang dicintai sama Ayrton Senna. Siapa dia?

Jauh sebelum Michael Schumacher terkenal, ada satu pembalap legendaris yang hidupnya berakhir tragis di sirkuit yang selama ini dia cintai. Namanya Ayrton Senna. Bang Senna ini lahir di Brazil, 21 Maret 53 tahun lalu. Pas usianya 34 tahun, ketika balapan di San Marino Grand Prix, Italia, Bang Senna meninggal karena kecelakaan yang bikin lehernya patah.

Sebelum ada kejadian ini, pembalap F1 emang enggak dilengkapi dengan pengaman leher, mungkin karena sebelumnya nggak kepikiran bakal ada orang bisa patah leher gara-gara kecelakaan di sirkuit. Semenjak insiden ini, baru deh pengaman leher dikembangkan dan diharuskan jadi bagian dari sistem keamanan pembalap. Duh!

 
Bang Senna tercatat sebagai salah satu pembalap terbaik sepanjang zaman, ada di posisi ketiga, karena prestasinya. Dan dia ini terkenal banget dengan kemampuannya untuk balapan di saat cuaca sedang hujan. Selain itu, dia juga menang 6 kali berturut-turut Monaco Grand Prix, salah satu grand prix paling bergengsi di dunia. Makanya pas Bang Senna tewas karena insiden di sirkuit, seluruh dunia langsung berkabung. Karena dia bisa dibandingkan dengan Michael Schumacher di zaman kita.

 
Bang Senna tercatat juga sebagai pembalap terakhir yang meninggal langsung di tempat karena kecelakaan di sirkuit. Setelah kematian dia, nggak ada lagi pembalap yang meninggal karena kecelakaan di sirkuit. Nggak heran dia selalu dikenang, karena kalau nggak ada insiden ini, mungkin sistem keamanan pembalap gak akan kayak sekarang.

 
Untuk mengenang segala prestasi dan juga hidupnya Bang Senna, ada satu film dengan judul Senna yang bisa kamu tonton. Nah kamu bisa tau deh gimana berjayanya dia pada jamannya.

Tepat hari ini, peringatan hari lahir Bang Senna nih. Harusnya happy anniversary...
Bang Senna, kau akan selalu kami kenang. :’( (PRM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar