Selasa, 02 April 2013

Kenapa Kudeta Hari ini Bukan Kudeta

adi.. jadi.. kalau kamu enggak tau, tepat hari ini sebenernya ada rumor yang bilang bakal ada kudeta yang mau menghentikan pemerintahan sekarang. Tapi entah gimana ceritanya, tadi sih kita berlenggang-lenggang di jalanan Jakarta, enggak ada apa-apa tuh. Ternyata, kudetanya berubah arah jadi bagi-bagi sembako. Jadi mulai sekarang boleh deh ganti kata bagi-bagi sembako dengan kudeta. Jangan kaget kalau misalnya ada temen bilang ‘kita mau kudeta nih!’. Bukan.. bukan.. maksudnya bukan mau demo buat nurunin kepala sekolah, dekan, atau ketua senat mahasiswa gitu, maksudnya cuma mau bagi-bagi sembako. Kita mau kasih tau, nih, kenapa kudeta yang seharusnya hari ini kejadian enggak bisa dibilang kudeta. Kwuk!

  1. Pake Bilang – Bilang
Kan sebenernya yang namanya mau ngegulingin orang, apalagi presiden kita, kan tentu berat ya (bukan badannya, bukaaan). Dan yang namanya mau bikin orang untuk turun dari posisinya, harusnya enggak usah pake bilang-bilang. Kalau pake bilang-bilang, ya orang yang mau diturunin bisa kabur dulu dong. Atau enggak, bisa mempersiapkan diri buat ngehadang orang-orang ini. Nah, sekumpulan aktivis yang ngenamain dirinya MKRI (Majelis Kedaulatan Republik Indonesia), yang memprakarsai kudeta hari ini, bahkan sempet banget bikin viral yang disebarin kemana-mana. Coba nih ditonton viralnya. Itung-itung nambah viewers mereka.


  1. Kudeta Cuma Bisa Satu Kali
Kalo kata Karl Marx (kalau gak tau google dulu gih!) nih, sejarah kudeta di suatu negara cuma bisa satu kali, yang kedua kali cuma bakal dikenang sebagai lelucon. Kayanya doi-doi ini kurang meresapi kata-katanya Marx yang ini. Salam damai nih dari Mbah Marx.


  1. Tempat Kumpulnya di Deket Mall
Menurut kami sih ini berpengaruh besar sekali. Sudahlah cuaca Jakarta ini panas sekali, dan katanya sih massa yang tadinya digerakkin buat kudeta ini dipusatin di deket Bundaran HI. Coba deh pengertian dikit sama perasaan orang-orang itu. Udah panas-panas disuruh nunggu. Dan sekitar situ banyak banget mall. Enggak heran, akhirnya kayanya lebih banyak yang ngadem di dalam mall. Seteguk dua teguk kopi dingin kan enak. Katanya juga, kan yang penting revolusi di dalam hati.


  1. Kurang Mencekam
Kalau kami di sarang nyunyu sih udah lahir dan melek ya pas tahun 1998, pas Presiden Soeharto digulingin sama rakyat. Dan keadaannya bener-bener mencekam.  Tiap orang milih kubu. Militer dikerahin buat ngehadang orang –orang yang mencoba untuk ngegulingin pemerintahan saat itu. Pokoknya udah enggak aman banget deh. Orang-orang juga lebih milih buat diem di rumah, daripada kena peluru nyasar yang tujuannya buat ngelumpuhin pergerakkan orang-orang yang kontra sama pemerintah saat itu. Tapi liat deh hari ini, cuma ada polisi lagi kongkow-kongkow aja di Bundaran HI. Tapi enggak ada mencekam-mencekamnya. Kayanya malah dijadiin ajang foto-foto orang-orang yang kerja sekitar situ. Lumayan kan buat share di Path atau Instagram. Serasa gangster gitu.


  1. Enggak Ada Apa-Apa
Ini yang paling essensial. Emang lagi enggak ada apa-apa yang bikin negara segitu gonjang-ganjignya. IHSG lagi kuat-kuat aja. Harga bawang aja yang lagi naik banget. Tapi masa tiap ada harga barang yang meroket terus pemerintahan harus diturunin paksa? Bisa ganti tiap lebaran ini presiden kita!

Gitu sih kira-kira menurut kami kenapa kudeta hari ini emang bukan kudeta. Buat calon-calon mahasiswa, atau mahasiswa tingkat-tingkat awal yang masih anget-angetnya pengin ikut demo, baik-baik ya cari cara buat ngebuat suara kamu didenger. Salam!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar