Selasa, 02 April 2013

Kenapa Bisa Sampai Ada Hari Perempuan?


Selamat Hari Perempuan sedunia! Yup, hari ini, 8 Maret, diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia lho. Buat kamu-kamu, apalagi yang cowok, beberapa pasti nganggep gak ada yang spesial dari peringatan ini, paling sama aja lah kaya hari-hari sedunia lainnya yang diperingatin tiap tahunnya. Tapi NYUNYU beda, bebek sama kuda. Karena NYUNYU anaknya penuh dengan pandangan optimis dalam kehidupan sehari-harinya, maka NYUNYU merasa bertanggung jawab buat nyari tau kenapa sampe ada hari perempuan sedunia, dan ngejelasin ke kamu-kamu semua soal ini.
Jadi ternyata dibalik peringatan hari perempuan sedunia ada banyak kisah-kisah mengharukan dan berhubungan dengan perjuangan kaum perempuan. Hari perempuan sedunia sendiri mulai ditetapkan oleh PBB pada tahun 1975, sebagai penghormatan kepada kaum perempuan yang sering mendapat perlakuan tidak adil terutama dari kaum lelaki.
Salah satu kejadian historis yang melatarbelakangi adanya peringatan hari perempuan sedunia adalah tragedi kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada tahun 1911 yang mengakibatkan 140 orang buruh perempuan kehilangan nyawanya. Sedih yah, 140 bukan jumlah yang sedikit lho.
Di beberapa negara, hari perempuan sedunia bahkan diperingati dengan meliburkan para perempuan. Kalo yang laki-laki mau ikutan libur boleh kok, cuma ya masih berani ngaku laki? Kwuk!
Yang pasti, dengan adanya peringatan hari perempuan sedunia, harusnya jadi cerminan buat kita semua khususnya para lelaki buat lebih menghargai dan menghormati perempuan, dan kalo bisa jangan ada lagi lah yang namanya diskriminasi gender. Nih sekaligus buat kamu-kamu semua juga nih, jangan suka ngasarin perempuan, jangan suka ngebeda-bedain kerjaan buat perempuan, dan hal-hal sederhana lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Perempuan juga punya hak yang sama kaya lelaki, justru harusnya kita sebagai lelaki yang udah digarisin punya kekuatan fisik lebih kuat dari perempuan tuh harusnya malah melindungi, bukannya mengasari. Duh maaf NYUNYU agak sedikit emosi nih, abisnya NYUNYU gemes dan kesel ngeliat berita yang sering ada sehari-hari isinya tentang pelecehan, kekerasan, dan diskriminasi kepada kaum perempuan melulu. Kamu jangan kaya gitu ya! Kwuk!
NYUNYU sih gak mau ngasih tau siapa aja tokoh-tokoh perempuan yang hebat, soalnya udah banyak banget yang bahas, kamu googling aja pasti langsung nongol. Daripada ngasih tau nama-nama tokoh perempuan yang hebat, mending NYUNYU ngasih tau hal-hal sederhana yang bisa kita lakuin sebagai cowok buat lebih menghargai para perempuan dan gak semena-mena lagi sama mereka.

  1. Jangan Pernah Anggap Perempuan Lemah
Jangan pernah, jangan sekali-kali, apalagi sampe dua kali dan berkali-kali, terlintas dalam pikiran kamu kalo perempuan itu lemah. Semua manusia itu pasti ada lemahnya kok, mau cowok atau cewek pasti punya. Apalagi kalo kamu hobinya makan, pasti banyak banget tuh lemah yang masuk ke dalam tubuh kamu, baik itu lemah nabati maupun lemah hewani.

  1. Perempuan Bukan Objek Seks
Ini yang paling NYUNYU gak suka dan sebel nih, sering banget soalnya dalam kejadian sehari-hari, contoh: siul-siulin dan cewek yang lewat. Coba deh kamu bayangin kalo keadaannya dibalik, kamu sebagai cowok lagi lewat pangkalan ojek terus disiulin sama mbak-mbak, kesel gak? Ya kalo kamu jomblo terkutuk ngenes seumur hidup sejak jaman nabi Idris sih NYUNYU yakin kamu seneng-seneng aja. Kasian.

  1. Perempuan Punya Hak Yang Sama Dengan Laki-Laki
“Udah gak usah ikut campur deh, ini urusan laki-laki, perempuan jangan ikut-ikutan”, pasti kamu sering denger kalimat barusan kan, atau kamu juga suka ngomong kaya gitu? Kalo iya, please mulai sekarang jangan kaya gitu lagi ya, karena setelah NYUNYU tanya sama mantan-mantan NYUNYU yang tersebar di 147 Kecamatan dan 420 Kelurahan se-Indonesia, perempuan tuh gak seneng dengernya. Mereka jadi ngerasa dibeda-bedain banget. Coba bayangin kalo urusan yang katanya ‘laki-laki’ banget itu ternyata emang urusan yang juga disukain atau emang pengen dilakuin sama perempuan, pasti mereka jadi sedih dengernya, hiks. Contohnya: main bola, gantiin galon air, ngutak-ngatik motor/mobil, dan lain-lain yang kalo NYUNYU jabarin satu persatu pasti gak muat karena jabar itu wilayahnya terbentang luas, Bandung aja yang jadi ibu kota jabar wilayahnya udah luas banget, apalagi satu jabar NYUNYU sebutin.

Jadi adanya hari perempuan sedunia itu bukan berarti perempuan lebih spesial dari laki-laki, tapi justru biar perempuan mendapatkan tempat yang sama, setara, sederajat dengan laki-laki. Dan buat kalian yang laki-laki, nggak usah ngerasa laki kalau masih ngasarin perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar