Selasa, 02 April 2013

Manfaat Naiknya Harga Bawang

NYUNYU itu anaknya baik. Barusan NYUNYU disuruh nyokap ke pasar, beli bawang. Dikasih uang Rp50ribu buat beli dua kilogram bawang. Pas NYUNYU nyampe pasar, taunya harga bawang naik. Sekarang Rp50ribu cuma bisa dipake beli bawang sekilo. NYUNYU pulang aja dengan tangan hampir hampa, dengan sekilo bawang di sayap.

Sampe rumah, nyokap NYUNYU terkejut…

Beliau kaget dikasih tau harga bawang naik. Disangkanya NYUNYU nilep uang belanjaan. Untungnya NYUNYU anak baik, langsung aja NYUNYU ceritain bahwa harga bawang emang naik, tapi ternyata ada manfaatnya juga.

Naiknya harga bawang, ternyata ada manfaatnya buat kelangsungan hidup manusia sebagai makhluk sosial. Sosialisasi antarmanusia jadi lancar karena si harga bawang ini melambung tinggi. Ibu-ibu jadi punya bahan omongan tiap ketemu ibu-ibu lain khususnya pagi hari pas di tukang sayur. Yang terpenting, anak-anak Twitter jadi punya bahan ngetwit. Buat yang lagi masa-masa awal pedekate juga bisa jadi punya bahan omongan. Ya meskipun rada canggung ngomongin bawang pas awal pedekate, tapi bisa dicoba ‘lah.

Memang ada manfaat naiknya harga bawang yang nggak bisa dirasain semua lapisan masyarakat. Misalnya manfaat karena adanya bahan berita baru buat pengalihan isu. Jadi, yang dapet manfaat dan seneng adalah pejabat yang lagi kena kasus, perhatian masyarakat teralihkan.

Yang punya masa kecil sering jadi anak bawang, sekarang bisa tertawa bahagia. Kalau dulu anak bawang selalu disisihkan dan dikucilkan, anak bawang saat ini bisa ngerasa kayak anak raja, atau bisa dibilang anak emas ‘lah. Kan sekarang harganya mahal.

Manfaat terakhir sebenernya lebih ke wejangan dan ajakan renungan. Nih, dengerin ya. Daripada nangisin dia yang nggak pernah peka sama kamu, sekarang mendingan nangis karena ngirisin bawang. Lebih mahal. Lebih berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar