Selasa, 02 April 2013

Peraturan Tidak Tertulis di Kalangan Cowok dan Cewek

#MainArticle

Peraturan Tidak Tertulis di Kalangan Cowok dan Cewek


Dalam hidup ini ada yang tersurat, ada juga yang tersirat. Contoh yang tersurat itu ada banyak, Undang-Undang Dasar, Pancasila, surat cinta, sampe surat izin sakit. Tapi ternyata yang tersirat nggak kalah banyak. Nggak ada tulisannya, tapi ada. Semacam gaib gitu. Meski nggak keliatan, tapi tetap dipercaya.
Ada peraturan-peraturan (perjanjian) nggak tertulis yang secara sadar atau nggak udah ngatur cara manusia bersosialisasi. Contoh paling gampang peraturan nggak tertulis di kalangan cowok atau cewek.
Mulai dari cowok. Cowok itu identik sama hobi dan kerjaan. Hobinya nggak jauh dari musik sama olahraga. Bebas olahraganya di dunia nyata atau virtual di PS atau XBOX. Pokoknya kalau main game bola di console ada kesepakatan nggak tertulis cowok yang cuma bisa pake tim ‘kelewat jago’ berarti mainnya cupu. Kalau zaman Winning Eleven di PS1 ada Real Madrid, dilarang keras buat pake Madrid apalagi ngeduetin Ronaldo dan Roberto Carlos jadi penyerang. Bisa dikatain curang + cupu. Kalau di zaman game bola zaman sekarang juga mirip, ada Barcelona. Yang main game bolanya cuma bisa pake Barcelona, dikatain cupu.
Peraturan berikutnya di kalangan cowok itu berbunyi, “Cowok nggak boleh menyebut ‘ganteng’ ke cowok lain.” You know ‘lah, kalau ada cowok yang bilang cowok ganteng bisa dicurigai ‘belok’. Makanya untuk ngakalin itu, cowok kalau kagum sama cowok lain biasanya kata yang dipake adalah “keren”. Misal: “Gile, Robert Downey Jr. keren banget di Iron Man 3.”
Bilang ganteng ke cowok lain aja haram hukumnya, apalagi bilang “lucu”. Paling kalau ada yang bilang lucu, itu lebih ke arti sebenarnya, alias kocak atau bikin ketawa. Misal: “Si Fico stand up comedy itu lucu banget anjir!”
Sekarang kita beralih ke cewek. Kalau cewek lebih rumit lagi nih. Maklum cewek itu kan makhluk ribet. Antara cewek sama cewek itu ada peraturan nggak boleh pake baju samaan. Nggak usah sama orang asing, sama temen sendiri aja bete kalau baju udah samaan. Bukan cuma baju deh, gaya penampilan juga. Banyak cewek yang dulunya temenan tapi gara-gara salah satunya udah ngikutin style, jadi diem-dieman terus musuhan deh.
Beberapa yang ekstrem, cewek kalau pake baju yang menurutnya bagus, terus ngeliat orang asing (gak cakep, dan bukan artis) pake baju yang sama persis, baju itu langsung dinobatkan jadi baju tidur doang... bahkan turun derajat jadi lap.
Peraturan berikutnya, cewek kalau abis potong rambut wajib banget ditanya sama temen-temennya. Misal: “Beb, kamu potong rambut, ya?” Kalau udah gitu, dia akan ngerasa diperhatiin dan seneng. Tapi semua itu bisa sirna seketika ketika denger kalimat, “Iiiih, bagusan yang kemarin tau beb.”
Cewek itu harus perhatian, haus pujian. Terutama dari sesama cewek, apalagi temen atau sahabatnya. Sampai-sampai ada peraturan “kalau nggak bales muji, berarti lo bukan sahabat gueh!”. Nggak percaya? Liat ini...


Dan perang saling puji di atas berlangsung terus... sampai kiamat.
Menurut kamu, apalagi peraturan nggak tertulis yang berlaku di kalangan cowok dan cewek? Share di kolom comments yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar