Selasa, 02 April 2013

Superheroes Asli Indonesia

“Do you know who am I? I am superman baby. I’m flying to the sky... looking for layangan putus.”

Penggalan lirik di atas diambil dari lagu “Superman” karya Benyamin S., sebuah lagu yang mengisahkan tentang seorang superhero asli Indonesia. Abis denger lagu ini, NYUNYU jadi kepikiran jorok buat nyari tau tentang superhero-superhero asli Indonesia, apakah emang beneran ada? Dan ternyata, hasil penemuan NYUNYU menemukan bahwa Indonesia nggak cuma punya 1 superhero, tapi banyak! Nih, NYUNYU kasih tau ke kalian yang paling terkenal siapa aja:

  1. Wiro Sableng
Buat kamu-kamu yang tumbuh besar di era 90-an, pasti familiar sama nama di atas. Yup, film seri Wiro Sableng pernah sempat sangat booming di RCTI dulu. Wiro Sableng adalah seorang pendekar yang bersenjatakan sebuah kapak yang diberi nama Kapak Naga Geni 212. Sejak bayi dia sudah digembleng untuk menjadi pendekar oleh gurunya yang bernama Sinto Gendeng. Cara paling gampang buat ngenalin Wiro adalah di dadanya ada tattoo angka 212. Sesuai namanya, Wiro ini orangnya genit banget kalo ketemu perempuan, genitnya gak ketulungan deh pokoknya. Udah gitu si Wiro ini juga lucu dan konyol abis orangnya, jurus-jurusnya pun dinamain lucu semua. Salah satu jurusnya yang paling terkenal adalah jurus “kunyuk melempar bulan”. Tuh lucu kan dia, masa kamu dilempar ke bulan. Kwuk! Wiro Sableng aslinya adalah cerita silat yang ditulis oleh Bastian Tito, baru kemudian diangkat ke layar kaca oleh RCTI pada saat itu. Psst. Bastian Tito ini papanya Vino G. Bastian, lho. Cewek-cewek pasti tau deh...

  1. Si Buta Dari Gua Hantu
Ini juga kayanya pasti udah pada kenal nih, Si Buta Dari Gua Hantu adalah seorang pendekar buta yang mempelajari ilmu ajian langka dari sebuah gua di pedalaman hutan yang dijuluki gua hantu saking angkernya. Karena gak bisa melihat, Si Buta pun ditemani oleh seekor monyet yang bernama Kliwon untuk menuntun dia bertualang. Eits, namanya juga pendekar, pastinya punya ilmu yang sakti dong. Walaupun doi gak bisa melihat, tapi Si Buta jago banget berantemnya, apalagi kalo udah pake senjata andalannya yaitu tongkat sakti. Kisah Si Buta ini sangat menginspirasi orang-orang lho, salah satunya ada band yang namanya Amandagohan (anak manis dari goa hantu) yang terinspirasi dari cerita Si Buta Dari Gua Hantu ini. NYUNYU juga jadi terinspirasi nih buat ngajak si Burhan jadi pendekar dan nemplok di pundaknya. Kwuk!

  1. Panji Tengkorak
 
Cerita Panji Tengkorak ini lahir beberapa saat setelah booming-nya Si Buta Dari Gua Hantu, bahkan banyak yang bilang kalau Panji Tengkorak ini adalah kebalikannya dari Si Buta, meskipun sama-sama sebagai pahlawan pembasmi kejahatan. Yang membedakan adalah si Panji Tengkorak ini penampilannya urakan, wajahnya buruk rupa, dan bajunya compang-camping. Tapi kalo udah berantem, beuuh.. disikat semuanya sampe kelar gak dikasih angpao ampun.  Kwuk! Banyak yang bilang kalau Panji Tengkorak ini adalah komik superhero terbaik di Indonesia, kalo NYUNYU sih yakin, kamu pasti taunya Panji Manusia Millenium doang, atau Panji Pragiwaksono, atau malah panji buat masak air. Kwuk!

  1. Godam
 
 
Eit, jangan salah paham dulu, mentang-mentang namanya mirip sama Gundam, tapi ini beda banget lho gak ada mirip-miripnya. Godam ini adalah karakter superhero yang diciptain sama Wid Ns pada tahun 1969, meskipun keliatannya kalo karakter Godam ini terpengaruh banget sama gaya komik Amerika, tapi cerita Godam ini tetap gak keilangan unsur Indonesianya. Godam ini memiliki kekuatan ajaib extra-dimensional. Kini Godam udah ada versi barunya, namanya Godam Reborn, yang bikin anaknya pak Wid Ns.

  1. Si Pitung
Kalo yang ini adalah pendekar silat dari tanah Betawi. Berbeda dengan Wiro dan Si Buta yang adalah tokoh rekaan alias fiktif, percaya gak percaya Si Pitung ini konon aslinya emang ada dan hidup di jaman penjajahan kolonial Hindia Belanda, bahkan rumahnya pun masih ada dan dijadiin museum sampe sekarang. Pitung yang bernama asli Salihun ini ilmu silatnya tinggi banget, saking tingginya bahkan katanya sampe-sampe kebal kalo ditembak peluru. Kalo menurut versi Belanda, Pitung ini adalah seorang penjahat, soalnya dia suka ngerampok para pejabat ‘kompeni’ dan tuan-tuan tanah yang congkak dan semena-mena. Namun menurut versi Betawi, Pitung adalah seorang pahlawan, soalnya hasil rampokannya itu dibagi-bagiin ke orang-orang miskin yang tertindas, apalagi pas jaman itu ketika kompeni masih berkuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar