Selasa, 02 April 2013

Sejarah Celana Berdasarkan Musik

Biasanya nih sejarah suatu era banyak diingetnya cuma dari musik sama bintang film yang paling iconic. Misalnya nih, the golden era, taun 1950 – 1970an, terkenal banget sama musik The Beatles, Beach boys, atau inspirasi rock ‘n roll semua musisi di tahun itu, The Tielman Brothers. Terus ada juga Marilyn Monroe yang sampe sekarang tetap jadi legenda. Padahal ada satu lagi yang jadi ciri satu era, CELANA! Iya, celana! Nah sejarah celana ini ternyata ngikutin perkembangan musik di jamannya lho. Nih NYUNYU kasih tau. Kwuk!!

  1. Era Tahun 1920-an : Celana Polo
Kalau kata F. Scott Fitzgerald, seorang pentolan sastra Amerika, tahun era 1920an adalah era dimana kehidupan malam enggak ada habisnya. The parties were bigger, the pace was faster, the shows were higher, the morals were looser, the liquor was cheaper (ngerti ga??) . Dan kalau dilihat dari buku-buku yang nyeritain tentang kehidupan di era itu, emang bener banget yang dibilang sama Scott Fitzgerald. Di era ini kayanya musik, fashion, literature ada di level yang sama. Lagi berkembang-berkembangnya dan berkualitas-berkualitasnya. Di level keemasan, walaupun Amerika sempet ngalamin krisis taun 1929 yang sampe sekarang dikenal dengan Black Tuesday. Wih, NYUNYU pinter banget ya. Kwuk! Nah, di tahun 1920an ini, trend celananya macem gini:

Siapa yang paling bertanggung jawab atas model celana macem gini? Katanya sih celana model gini dipopulerin sama musisi-musisi jazz yang lagi terkenal-terkenalnya di masa ini.

NYUNYU gagal paham ini dengan trend kaos kaki panjang selutut yang digunain buat ngemasukin celananya. Tapi ya sudahlah. semua orang punya masanya sendiri.

  1. Era Tahun 1960-an : Celana Cutbray
Dikenal sebagai eranya celana cutbray. Yang paling iconic dari celana cutbray siapa lagi bukan Elvis Presley. Yang nanya celana cutbray itu yang kaya gimana, itu lho yang skinny di atas, membuyar banget pas lutut ke bawah. Bisa buat ngepel lantai kalau jalan.

Nah, ternyata kalau di Indonesia, namanya bukan celana Elvis, tapi celana A. Rafiq. Iya, celana penyanyi dangdut Almarhum A. Rafiq. Doi yang ngebawa trend celana cutbray-nya Elvis Presley sampe ke pelosok-pelosok kampong di Indonesia. Makanya kalau jaman dulu, penjahit-penjahit kalau terima order-an bukan bikin celana Elvis, tapi celana A. rafiq.

  1. Era Taun 90-an : Celana Baggie
Era taun 90-an dikenal sama celana jeans kegedean dan kaos kegedean yang dimasukkin gitu ke celana jeans. Terus biar enggak melorot-melorot, pake ikat pinggang. Menurut NYUNYU sih, yang paling bertanggung jawab nyebarin virus celana jeans kegedean pake kaos dimasukkin segala adalah Will Smith pas dia masih jadi rapper.

Ternyata model celana macem gini masih terus ada sampe ke jamannya Eminem, bedanya kalau Will Smith makenya diatas pinggang, kalau Eminem di bawah pinggang, kalau bisa dibawah lutut malah.

Tapi kan masalahnya yang pake Will Smith, dia mau pake apapun tetep enggak dosa. Tapi coba kalau kita yang pake, agak miris gitu ya..


  1. Era The Upstairs : Celana Pensil Warna Warni
Ini kayanya era paling sulit untuk pake celana. Soalnya ujungnya runcing banget. Satu-satunya cara biar celananya bisa ngelewatin kaki kayanya harus ngebungkus ujung pake kantong kresek dulu biar licin terus celananya masuk. Yang bikin NYUNYU bingung juga, kalau kebelet pipis, ngebukanya gimanaaa. Yang paling bertanggung jawab sama keberadaan celana ini menurut NYUNYU adalah The Upstairs..
Celana model gini fenomenal banget sampe-sampe diadaptasi oleh Sahabat Dahsyat seperti yang bisa kita lihat di bawah ini. Sejak itu, NYUNYU enggak pernah lagi nyalain TV.


  1. Era Celana Ngatung : Michael Jackson
Tadinya NYUNYU pikir sekarang banyak banget yang ikut rohis apa gimana, abisnya kalau lagi hang-out sering banget nemuin cowok-cowok yang celananya ngatung. Ohhh ternyata emang lagi trend toh celana yang ngatung. Nah, menurut NYUNYU sih yang paling bertanggung jawab buat bikin trend celana ngatung ya siapa lagi kalau bukan Michael Jackson. Walaupun banyak yang bilang celana ngatung yang sekarang lagi happening banget itu gegara artis-artis Korea, artis Korea aja stage-actnya ngikutin Michael Jackson. Jadi trend celana ngatung gitu bukan artis korea, apalagi anak-anak fixie yang ngebawa, tapi Michael Jackson! (Iya, NYU, iya.. maksa amat).
Versi Koreanya (baca: cowok cantik)



Nah, emang bener kan kalau ternyata sejarah celana itu ngikutin perkembangan musik. NYUNYU nunggu nih celana macem apa lagi yang bakal ngetrend gegara musik yang lagi fenomenal. Enggak pake celana enak sih, ngerasa bebas seutuhnya. Kwuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar