Selasa, 02 April 2013

David Bowie

#MainArticle

David Bowie


Kalau urusan musik, kami percaya, orang-orang Inggris emang lebih bisa bikin trend. Coba aja sebut musisi-musisi yang iconic, mulai dari The Beatles, The Who, Pink Floyd, terus agak-agak kesinian ada Blur, Oasis, enggak ketinggalan Spice Girls, kesinian lagi ada Coldplay, terus Adele, terus… ada.. hmm.. tulis enggak ya.. hmm.. itu.. One Direction. Jangan hina kami karena kami tau One Direction, kami hanya mencoba untuk lebih mengikuti perkembangan jaman. Di antara semua musisi hebat yang disebutin tadi (One Direction belum bisa diitung lah ya, sorry), ada satu musisi yang dari tahun 1960-an sampe sekarang masih produktif, bahkan di tahun 2013 ini dia ngerilis album baru, ‘The Next Day’. Pernah denger David Bowie? Atau kamu udah pernah denger lagu-lagunya dia sebelumnya? Nih, Ratu Elizabeth aja sampe nyari-nyariin dia . Penting banget emang David Bowie ini di kancah permusikan dunia (kancah tuh bahasa orde baru banget ya, anyway).


Nama aslinya adalah David Jones, tapi karena di tahun 1960-an ada juga penyanyi yang namanya mirip, Davy Jones, akhirnya dia ubah namanya jadi David Bowie. Dia lahir di London, 8 Januari 1947. Memang..dia sudah kuno.Tapi sampe sekarang dia masih produktif dan memang dikenal sebagai salah seorang yang paling berpengaruh di industry pop. Tapi, pengakuan ini enggak dateng tiba-tiba aja lho, di awal 1960an, pas dia masih  mengawali karirnya sebagai seorang seniman, dia mengalami juga masa-masa frustrasi karena enggak ada satupun karyanya yang dikenal, bahkan diterima baik pun enggak, oleh publik. Dia udah pernah deh nyicipin satu-satu kerjaan seniman, mulai dari akting, pantomim, melukis, sampe nulis buat pertunjukkan teatrikal dia jalanin. Tapi enggak ada satupun dari semua yang dia coba ini bisa bikin dia dikenal sebagai seniman oleh publik.

Kemunculan David Bowie
Sampe akhirnya di tahun 1969, David Bowie ngeluarin album yang judulnya Space Oddity, dengan single yang judulnya sama. Lagu ini bercerita tentang gimana rasanya jadi astronaut yang tersesat di luar angkasa. Nah, ternyata di tahun ini, enggak lama setelah lagu ini dirilis, Astronaut NASA berhasil menginjakkan kakinya di bulan. Udah pada lupa kan kalau moon-landing terjadi pas taun 1969?! Karena tepat banget sama momentum ini, lagunya David Bowie yang Space Oddity makin meledak. Yang paling banyak make lagu dia di setiap siaran mengenai moon-landing ini adalah BBC News. Dan karena channel berita belum banyak kaya sekarang, akhirnya siaran-siaran di TV lain ngambil sumbernya dari BBC, dan makin menjamurlah lagu David Bowie ini. Apalagi genre musik psychedelic emang lagi berkembang banget di era ini. Enggak heran, David Bowie akhirnya diakui sebagai musisi yang brilian. Gak cuma karena komposisi lagunya aja, tapi juga karena lirik-lirik lagu dia enggak melulu tentang cinta. Malahan bisa sampe nulis tentang astronot segala. Sebutan orang yang tau banyak hal kaya dia ini adalah eclectic.


Selain dikenal karena ke-eclectic-annya, David Bowie ini juga terkenal dengan gayanya yang eksentrik. Taun segitu, dia udah pake eyeliner segala. Canggih kan! Jauh sebelum Adam Lambert, Gerard Way atau bli Jerinx pake eyeliner, dia udah duluan. Tapi setelah kesuksesan album pertamanya, enggak langsung bikin dia jadi sukses terus ngeproduksi album. Setelah Space Oddity, cuma ada satu lagu yang meledak di pasaran, The Man Who Sold The World, yang sampe bikin Nirvana ngecover lagunya. Kalau kalian gak tau Nirvana juga, berarti kalian belum layak disebut anak musik.

The Comeback
Baru di tahun 1972, dia berhasil lagi bikin karya yang meledak di pasaran. Judul albumnya, Ziggy Stardust yang dia akui adalah nama dari alter egonya, yang mungkin menginspirasi Beyonce, yang punya alter ego bernama Sasha Fierce. Di album ini dia mengeksplorasi soal kemungkinan di masa depan, kaya bakal terjadinya Armageddon (alias kiamat), disfungsi dan kebingungan gender, terus juga ngebahas soal tema-tema kontemporer yang pasti dialamin sama semua musisi yang lagi naik daun, misalnya gimana destruktifnya kesuksesan dan ketenaran, dan gimana bahayanya orang-orang yang selalu hidup dalam ilusi kalau dia adalah orang hebat dan dikenal oleh orang banyak. Makanya, Ziggy Stardust ini juga jadi legendaris, karena ngeksplorasi secara mendalam sisi-sisi gelap manusia. Berat banget ya orang ini.


Setelah itu, David Bowie terus mengeksplorasi musikalitasnya. Album-albumnya dikenal sebagai album yang enggak pernah ngasih jenis dan nuansa yang sama. Pasti di setiap album, dia ngebawa jenis musik yang beda dan juga penampilan yang beda lagi. Ini nih yang jadi ciri khas David Bowie.

  1. Penampilan yang selalu berubah dan nyentrik


Cuma dia yang bisa ngubah penampilan dari yang tadinya Drag Queen tiba-tiba jadi cowok dengan clean cut.

  1. Bola matanya yang beda warna alami


Ini alami lho! Karena emang pupilnya yang satu lebih terbuka, makanya matanya jd keliatan beda warna.

  1. Lirik-lirik di lagunya tentang science-fiction atau fantasi
Sejak keberhasilan Space Oddity, lirik-lirik lagu di album-album David Bowie jadi eclectic.

David Bowie Sekarang
Seperti yang udah kami bilang di awal, David Bowie baru aja rilis album barunya. Uniknya, di single pertama dari album ini, The  Stars (are out tonight), dia bikin video klipnya bareng Tilda Swinton (aktris cewek yang penampilannya juga androgini), yang selama ini dibilang versi ceweknya David Bowie. Baik dari penampilan ataupun kenyentrikkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar