Selasa, 02 April 2013

Setelah Earth Hour, Lalu Apa?

Sudah setahun ini Earth Hour sering banget dibahas dimana-mana. Enggak cuma heboh di Twitter, gerakan matiin lampu selama sejam secara serentak ini juga heboh banget diiklanin di MTV. Ternyata emang gerakan yang diinisiasi oleh WWF (World Wide Fund for Nation ya, bukan World’s Wresting Foundation), didukung penuh sama MTV. Makanya jadi populer banget dan dikenal sama anak-anak muda. Okelah program ini emang populer banget, tapi apa emang matiin lampu selama sejam ini bener-bener bisa nyelametin bumi? Apa cuma ajang jomblo-jomblo di luar sana buat bisa modus pas gelap-gelapan?


Sebenernya, setelah kami semua yang kerja di sarang ini perhatiin baik-baik, Earth Hour enggak segitu ngaruhnya sih. Benar, saat itu lampu padam dan energy yang dihemat banyak banget. Tapi ketika semua orang nyalain lampu lagi setelah satu jam ‘puasa listrik’, ngejar pertandingan bola timnas lawan Arab, blaaarrr, listrik yang ‘ditarik’ buat nyalain listrik lagi lebih gede jumlah powernya daripada yang udah kamu semua sisihin selama Earth Hour. Alasan ini yang bikin orang-orang di Washington DC cuek-cuek aja.


Beda banget sama orang-orang di Asia Tenggara yang peduli banget sama campaign ini. Ini foto yang diambil sama Google Earth pas lagi Earth Hour beberapa hari yang lalu.


Bukan tanpa alasan kok orang-orang di Washington DC dan orang-orang lain di negara maju skeptis sama gerakan Earth Hour. Tapi mereka dan kami sadar, untuk nyelamatin bumi dari kehancuran karena energi yang dieksploitasi abis-abisan ini, menggunakan listrik secara efisien enggak bisa cuma dilakuin selama se-jam. Beberapa universitas di Amerika dan Eropa udah nerapin gedung yang konsepnya Green Building. Yang bisa nyerap sinar matahari untuk cadangan energi di malam hari. Dan juga rekonstruksi bangunannya ada wind-tunnel-nya gitu. Jadi walaupun siang-siang, enggak perlu pake AC, karena konstruksi bangunannya bisa bikin angin ‘terperangkap’. Makanya adem tanpa AC. Terus juga masyarakatnya di sana yang lebih sadar untuk matiin AC dan lampu yang enggak dipake juga lebih banyak daripada orang-orang di negara berkembang macam negara kita. Nah makanya, supaya gerakan Earth Hour yang kamu lakuin itu bener-bener bisa nyelametin bumi, kamu harus mulai ngelakuin Earth Hour tiap hari. Dimulai dari yang kecil-kecil aja sih, enggak perlu sampe ngerubuhin rumah terus bikin konstruksi yang baru, nyusahin orang tua itu mah namanya! Misalnya kalau berangkat kuliah, ngantor, atau sekolah, lampu kamar jangan lupa dimatiin. AC juga. Kami tau enaknya pulang ke kamar dengan ruangan dan sprei yang dingin. Tapi enggak mau kan kita terancam ngalamin kiamat dini. Yuk mulai ngegunain listrik dengan efisien!


Buat kamu-kamu yang mau ngasih diari harian soal berapa banyak listrik yang udah kamu hemat, bisa langsung update aja di bawah ini! Kami juga bakal ikutan ngisi kok. Selamat berhemat listrik!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar