Sabtu, 23 November 2013

alasan kita hrus punya bog



Mumpung masih anget, kemarin, tepatnya 27 Oktober 2013 adalah Hari Blogger Nasional. Kami sengaja ngebahasnya baru sekarang soalnya biar barengan sama Sumpah Pemuda. Soalnya kami mau ngasih tips nih buat para anak muda.

Pasti banyak di antara kamu yang udah tau blog itu apa, tapi mungkin lebih banyak lagi dari kamu yang punya blog tapi jaraaaang banget di-update, atau mungkin ada juga yang belum tau blog itu apa. Blog itu beras. Beras Blog.

Anak-anak yang aktif di dunia per-socmed-an biasanya pada punya blog, dan blog-blognya ini isinya sangat beragam, mulai dari yang tentang cinta-cintaan, hiburan, traveling, bahkan ada juga orang yang sangat mulia sekali yang rela nyempet-nyempetin nge-post tentang materi-materi pelajaran… beserta makalah-makalah yang copy-paste-able. *sembah*

Tapi tau nggak sih seberapa pentingnya bagi anak muda buat punya blog? Nggak tau? Nih liat nih...

Biar Hidup Lebih Tenang
Semua orang pasti mempunyai kegelisahan tersendiri, dan pastinya beragam banget permasalahannya. Kita semua tahu kalau segala sesuatu yang ditahan-tahan itu gak enak… kayak nahan poop. Maka dari itu ada baiknya kegelisahan kamu itu kamu tuangkan dalam sebuah wadah yang semestinya.

Banyak sebenarnya wadahnya, seperti ember Twitter, Path, atau social media yang lain. Akan tetapi, saran dari kami ada baiknya segala kegelisahan kamu itu kamu tuangkan dalam blog. Selain lebih menarik, kelebihan lainnya juga terletak di jumlah karakternya yang tidak terbatas, plus kamu juga bisa berkreasi dengan tersedianya fitur multimedia yang lebih lengkap dan tata letak yang bisa kamu oprek seenak pipi (karena seenak jidat dan seenak udel sudah terlalu mainstream).

Bisa puas banget tuh curhatnya...

Buat Kode ke Inceran
Zaman sekarang (khususnya di kalangan anak muda) pasti akrab sekali dengan kata “kode.” Bagaimana tidak, selama tingkat kegengsian untuk mengungkapkan masih tinggi, upaya kode-mengkode ini pun pastinya akan terus dibutuhkan. Dengan harapan orang yang dikodein pun mengerti apa yang dimaksud dengan pengkode tersebut. Di sini lah letak kenapa kamu harus punya blog, dengan blog, kamu jadi bisa menumpahkan seluruh kode-kode yang kamu inginkan dalam bentuk tulisan tanpa ada keterbatasan karakter sedikit pun.

Setelah kamu bikin posting-an yang isinya penuh dengan kode, kamu kasih deh link-nya ke dia. Dijamin dia bakalan suka. Suka tulisannya doang tapi.

Dijamin juga dia bakalan peka dan tau perasaan kamu. Tapi kami nggak berani jamin dia bakalan peduli.

Biar Bisa Ngukur Kemampuan
Mungkin banyak yang berpikiran kalau menulis di blog merupakan suatu kegiatan yang mudah dilakukan. Buat kamu yang berpikiran seperti ini, kamu salah besar. Untuk menulis sesuatu di blog, tentunya kamu harus mempunyai ide utama, pesan yang disampaikan, dan tentunya disusul dengan kalimat-kalimat menarik agar pembaca nggak jenuh.

Nggak gampang, bukan? Dari sanalah kamu bisa mengukur kemampuan diri kamu, apakah kamu bisa menyampaikan pesan apa yang kamu inginkan ke orang-orang dengan bahasa yang jelas, atau nggak. Apakah kamu bisa bikin orang lain paham apa nggak.

Kalau memang bisa, kamu keren.

Biar Pas Ditanya Mana karya lo?” Bisa Langsung Nunjukin
Kadang orang selalu menanyakan hasil dari kegiatan apa yang sering kamu kerjakan. Jadi buat kamu yang sering Twitter-an, Facebook-an, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan social media, kamu wajib banget punya blog nih. Jadi kalau nanti ada orang yang nanya, “Lu kok ngetwit mulu? Gak ada kerjaan lain ya? Trus karya lo yang lo bisa hasilkan dari social media apa?” Kamu gak perlu panik. Cukup jawab, “Ada kok. Buka aja [Nama Domain Blog Kamu]..

Keren.

Blog bukan cuma tulisan kok. Buat kamu yang musisi bisa posting musik terbaru kamu, buat yang fotografi bisa pamerin hasil jepretan, buat desainer bisa sebagai portofolio udah bikin apa aja.

Karya nyata di Hari Sumpah Pemuda!

Biar Dapet Duit
Buat kamu yang belum tahu, sebenarnya blog bukan cuma tempat untuk menuangkan isi pikiran orang-orang saja, tapi di blog juga bisa sebagai tempat mencari uang. Kalau tulisan kamu bagus dan pengunjungnya udah banyak, kamu berkemungkinan dapet tawaran buat me-review atau promosiin produk. Atau bisa juga kamu daftarin blog kamu buat dipasangin iklan dari Google AdSense. Mayan, pemasukan pasif. Tinggal rajin ngeblog doang. Itu aktif sih, bukan pasif.

Kamu bisa baca tulisan di blog salah satu Nyunyu Team, Alitt Susanto, biar tau caranya dapet duit dari blog.

Menarik, ‘kan?

Biar Bisa Disebut Blogger
Kalau biasanya kamu sering dipanggil dengan panggilan yang aneh atau yang image-nya buruk seperti player, PHP-er, secret admirer, galauer, atau pun iler, dengan kamu punya blog kamu akan mempunyai gelar lain yang kedengarannya lebih keren, yakni blogger.

Kan keren tuh kalau kamu lagi main ke suatu tempat, trus ada temen kamu yang suaranya kayak bel bubaran sekolah, nyapa kamu seperti, “WOYYYY Blogger! Apa kabar?!” Kan jadinya enak, pas didenger orang-orang, orang-orang itu bakalan berbisik-bisik, “Wiih ada blogger, wiih...”

Keren, ‘kan?

Begitulah alasan-alasan kenapa kamu harus punya blog. Keren kan keren kan? Jadi buat kamu yang masih belum punya blog buruan buat gih, mumpung masih gratis! Anyway, selamat Hari Blogger Nasional!

Buat kamu yang udah punya blog, blog kamu isinya tentang apa? Share dong sama kami...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar