Sabtu, 23 November 2013

fakta tentang makanan



Fakta adalah penting untuk diketahui, terutama Fakta yang satu ini: Fakta Auladi (nama asli penulis artikel ini).

1. Nanas bin Na’as
Pernah gak kepikiran kenapa orang kalo mau nyate, atau mau ngolah daging buat dimasak, dagingnya tuh biasanya direndem atau dicampur ke nanas dulu? Jawabannya adalah: supaya dagingnya jadi empuk nan lunak.

Nah, di dalam buah nanas itu mengandung umpan.. umpan.. umpan.. enzim yang namanya bromelain. Enzim bromelain inilah yang berfungsi untuk melunakkan daging.

Jadi, sekarang bayangin kalo misalnya kita makan nanas kebanyakan. Bisa-bisa daging dalem tubuh kita jadi lembek, terus pada rontok gitu dari dalem, seolah-olah daging kita dimakan dan digerogotin dari dalem. Gimana coba... bayangin aja dulu...

nanas yang menggerogoti tubuh manusia

2. Diinjek-injek Tahu
Kita semua tahu, bahwasanya tahu itu enak rasanya, tahu gak lu? Akan tetapi, apakah kalian tahu bagaimana proses pembuatan tahu? Saya harap kalian tahu, karena dengan kalian tahu bagaimana cara membuat tahu, kalian gak akan menjadi sok tahu ketika ditanya orang bagaimana cara membuat tahu.

Jadi, salah satu cara bikin tahu itu tuh keledainya diinjek-injek, pake kaki telanjang.

Iya, kaki telanjang, yang kayak gini:


Ya tapi gak semua tahu dibuatnya diinjek-injek...

3. Kerang yang Mengandung
Iya, kerangnya kerang yang ini, yang sering kita makan.


Konon, menurut berita-berita, kerang hijau yang dijual di mana-mana ini mengandung banyak zat logam yang berbahaya buat tubuh, tentunya bila dikonsumsi secara masif atau berlebihan. Kalo gak percaya silakan googling sendiri.

Jenis-jenis logam berat tersebut meliputi merkuri (Hg), kadmium (Cd), timah hitam (Pb), dan arsen (As). Semuanya merupakan racun kuat bagi manusia dan dapat merusak sistem saraf, terutama terhadap anak-anak karena akan disertai dengan penurunan kecerdasan.

Jadi daripada makan kerang rebus, mending kerang bulu (yang ngerti-ngerti aja).

4. Bahaya Laten Keteloran
Saya yakin, anak muda Indonesia, terutama yang model macam ente (baca: kere), pasti salah satu makanan yang paling sering masuk perutnya adalah telor. Ngaku!

dua telur dalam satu genggaman (yang ngerti-ngerti aja)

Memang tidak bisa dimungkiri, kalau telor adalah salah satu makanan yang layak mendapat penghargaan bintang kehormatan dari presiden. Bukan apa-apa, sebab telor sudah seringkali menyelamatkan kita dari bahaya kelaparan, ditambah lagi, rasanya enak, udah gitu murah, bisa dimakan mentah pula buat penambah stamina, dan juga bentuknya lucu.

Tapi siapa sangka, ternyata telor yang di permukaan tampak polos dan lugu, dan sepertinya aman-aman saja dikonsumsi, justru mengandung beberapa bahaya, di antaranya: meningkatkan risiko diabetes, bikin jerawatan, bikin gemuk, alergi, dan menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Lah buanyak juga ya!

Itu dia empat fakta tentang makanan yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya sih masih banyak fakta lainnya tentang makanan yang perlu diketahui. Tapi, maaf, saya males nyarinya. Hahahaha.

Akhir kata, sepertinya dengan adanya tulisan ini, kalian jadi menyesal sudah mengetahui fakta-fakta tersebut soalnya jadi mengganggu kenikmatan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar