Sabtu, 23 November 2013

belibelibeliiiii



Dari dulu sampe sekarang, dari masa kini sampe masuk jurang, sebagai manusia haus akan yang namanya apresiasi, pujian, pengakuan. Bisa dibilang, semua itu berhubungan sama yang bisa bikin hati gembira atas penghargaan yang didapetin setelah pengorbanan yang udah dilakuin.

Tapi ya namanya juga namanya, lebih suka meminta maklum daripada ngasih toleransi. Seperti minta gaji tapi kerjanya kagak. Gimana tuh? Seperti juga yang rela beli gadget mahal tapi isi lagu yang diputer di playlist boleh donlot (ilegal) semua. Games dan apps bajakan semua. Sekalinya pengin beli yang asli, kagak ngarti.

Taukah elu, kalo sekarang banyak toko online yang mudah, murah (seringkali gratis), dan legal untuk beli kebutuhan gaya hidup digital? Jadi elu gak perlu lagi lah nanya-nanya di Twitter ke artisnya langsung di mana bisa donlot lagu mereka. Sukur kalo lagu mereka gratis, mereka pasti seneng bagi. Lah kalo kagak? Yang ada nyesek ditanya kayak gitu.

Apa aja sih yang mudah-mudah itu? Nih gue bakal kasih tau biar yang belum ngarti jadi bisa ngarti. Berikut beberapa di antaranya:

1. iTunes (apple.com/itunes)

One stop shopping place buat elu para Jobsian cultist di seantero jagat. Dari lagu, apps, podcast, sampe sinema ada di mari. Aplikasinya sendiri lahir hampir berbarengan dengan gadget legendaris mereka yang namanya iPod. Di sini elu bisa cari hampir semua lagu/film/apps yang elu pengin buat iGadget elu.

Terus gimana dong kalo pengin beli yang ori tapi nggak punya kartu kredit? Ada yang namanya iTunes gift card. Di Kaskus biasanya banyak yang jual tuh. Jadi yang kamu butuhin adalah ID iTunes dengan alamat Amerika Serikat, terus kamu tinggal cari yang jual iTunes gift card itu di Kaskus, hubungin, bilang mau beli yang berapa dollar, transfer, abis itu elu bakalan dikasih kode (kayak kode voucher gitu) buat di-redeem di Apple ID. Jadilah elu punya deposito di App Store yang bisa elu pake buat apa aja.

Kalau belum punya Apple ID Amerika Serikat, bisa juga sekalian minta bikinin ke abang jualannya, paling kena biaya 30ribu rupiah.

2. Play Store (play.google.com)

Kalo yang ini alternatif toko online bagi elu yang ga suka ribet nge-sync library lagu elu tiap mau update lagu. Jualannya sama hebohnya kaya iTunes, bahkan baru-baru ini Google update Playstore dengan jualan e-book. Play Store ini gacoan utama para pengguna Android.

Buat yang mau beli tapi nggak punya kartu kredit, caranya mirip-mirip kayak yang iTunes di atas, ada gift card.

3. Amazon (amazon.com)

Beranjak ke toko berikutnya. Dulu, Amazon itu terkenal akan jualan bukunya. Hampir semua buku yang bisa elu cari ada di mari. Tapi kini Amazon jualan macem-macem sekali. dari apps khusus buat produk Kindle mereka, produk-produk buat dedek bayi, perhiasan buat mamahnya, bahkan produk otomotif buat papahnya. Uwow.

4. ASOS (asos.com)

Ini nih, toko langganannya writer-writer nyunyu kalo lagi (sok) kebanyakan duit. Website joss yang mengkhususkan diri pada produk-produk fesyen. Yang bikin kite demen window shopping di website ini adalah mereka selalu ada sale. Udah gitu free shipping lagi. Aduhh.. tanggal tua ini mak.

5. Book Depository (bookdepository.com)

Seperti judulnya, elu bisa nebak kan ini jualan apa? Dan horenya, seperti Asos, website ini punya program free shipping. Bagi elu yang suka baca buku, wajib banget mampir di sini.

6. Subscription Based Entertainment Website (macem-macem)
Adalah layanan yang populer di negara-negara dunia pertama beberapa tahun terakhir ini. Intinya adalah elu hanya cukup punya paket data internet unlimited yang stabil dan kenceng (yang di negara ini masih langka), terus elu cukup berlangganan layanan mereka, dan elu bisa deh tuh streaming konten-konten mereka. Sepuasnya! Puas banget deh buat elu yang tipe nggak mau rugi. Contoh-contoh layanan seperti ini adalah Spotify dan Rdio untuk musik dan Netflix untuk film dan serial televisi.

Amsyiong-nya, layanan-layanan ini belom masuk secara resmi di Indonesia.

Untuk belanja di tempat-tempat ini, elu butuh credit card. Gampang kok bikin credit card, banyak yang nawarin. Atau pinjem punya temen, kakak, atau bokap nyokap. Kalo masih nggak bisa juga, seperti gua jelasin di atas elu bisa beli gift card toko mereka. Nanti bisa redeem gift card itu buat belanja, kayak beli voucher pulsa aja. Gampang.

Karena dengan beli barang ori, elu mendukung mereka yang mengembangkan, mendistribusikan, menciptakan semua-mua yang elu biasa nikmati sehari-hari. Karena ketika update dan ngeluarin yang baru-baru, yang nikmatin elu-elu juga kan?

Akhir kata wabilahi taufiq wal hidayat, wassalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh, yuk nabung, dan belanjain di tempat yang bener. Joss!

PS: Kalo masih kere banget juga, elu pake dah tuh layanan YouTube atau Grooveshark buat nyari film dan lagu. Cari buku dan baju di pasar Senen yang bekas. Kelar perkara. Jangan dibiasain ilegal itu sebagai hal yang lumrah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar