Sabtu, 23 November 2013

selfie


Pada tau istilah selfie dong? Istilah ini memang baru kita dengar satu-dua tahun ke belakang aja, tepatnya sih sejak kita jadi sering foto-foto narsis, pun bukan orang lain yang memotretnya melainkan diri kita sendiri. Karena kebiasaan memotret diri sendiri itu kian merebak maka muncullah istilah selfie yang kerap digunakan sebagai hastag, entah itu di Twitter atau Instagram.

Nah, kabar mengejutkannya adalah, kata “selfie” ini akhirnya disahkan sebagai bahasa Inggris oleh kamus Oxford. Tetapi, tetap diberi keterangan bahwa kata “selfie” ini informal. Beginilah arti selfie dalam kamus Oxford:

"a photograph that one has taken of oneself, typically one taken with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website: occasional selfies are acceptable, but posting a new picture of yourself every day isn’t necessary"

Berdasarkan riset yang dilakukan tim Oxford Dictionaries, kata itu dimasukkan ke kamus karena penggunaannya meningkat 17.000 persen sejak tahun lalu. Gilak banyak banget!

Ini adalah bukti, bahwa kebiasaan kita dalam berteknologi dan berinternet menciptakan budaya-budaya baru, termasuk di dalamnya adalah bahasa. Sejak kemunculan internet dan media sosialnya, banyak banget bahasa-bahasa baru, entah itu diadopsi dari bahasa yang sudah ada atau sama sekali baru.

Ngomong-ngomong, Indonesia juga punya selfie-nya tersendiri loh, yaitu selfie sukaesih. Goyaaang Maas, hehe. Oke, untuk menutup artikel ini mari kita lihat foto-foto Selfie yang bukan selfie sukaesih atau selfie presley, tapi tetap kocak dan keren.

(foto: Superman. Sumber: reddit.com)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar