Sabtu, 16 November 2013

Es- Es yang Paling Bikin Ngiler

 
Nggak usah siang-siang terik, rasanya kalau ngomongin es, mau pagi atau malem juga bawaannya bisa bikin ngiler. Apalagi kalau esnya kayak yang ini nih...
 
Es Campur
 
Yang pertama ada es campur. Dari namanya aja kita tau ini es yang isinya campur-campur. Tapi jangan asal nyampurin yah, kalo dikasih sambel tar gimana? Isinya macem-macem, mulai dari kolang-kaling, roti, cincau, alpukat, nangka, pacar cina, dan lain-lain. Nah, kalo udah tinggal dikasih sirup coco pandan. Udah masuk semua, tinggal dikasih es serut sampe menggunung. Kalo udah.... nah yang terakhir, tinggal dikasih susu kentel manis yang coklat.... nyemm~ Ngiler gak?!
 
Es Shanghai
(sumber: Wikipedia.org)
 
Masih mirip dengan es campur yang berisi campuran buah dan ada esnya (seperti penjelasan terapan langsung), es shanghai ini bedanya cuma yang ngebecekin adalah air kelapa, jadi bukan air sirup seperti es campur. Nah biar lebih manis lagi, bisa juga dikasih susu juga. Emang yah susu, adem-adem bisa bikin.... bikin manis.
 
Es teler
 
Nah, sekarang buat kalian yang anaknya wartel (warga teler) banget, ini adalah varian es yang tepat buat kalian. Rasanya yang adem-adem empuk ini, dijamin bikin kamu lebih nyantai di hari yang.... adem sih sebenernya, ujan mulu gini. Karena pamor es ini, sampe ada restorannya juga loh. Tau kan? Nah, yang punya ya si pencipta es teler ini! Namanya ibu Murniati Widjaja.
 
Maknyes bu!!
 
Es Sarang Burung
tummyteaser.blogspot.com
 
Es yang satu ini isinya adalah keluarga kenyel-kenyel. Jadi kamu bisa masukin agar-agar, kolang-kaling, jelly juga boleh. Nah, selanjutnya tinggal dikasih buah-buahan, seperti melon dan leci. Terakhir dikasih sirup leci deh. Segerrrr...
 
Es Puting Beliung 
Walau namanya semacam musibah, rasanya bikin kamu sumringah.
 
Tapi kok gak ada gambarnya yah? Ternyata salah bro, namanya bukan Puting Beliung.. Yah namanya juga manusia yah, suka khilaf. Kita berlanjut ke es yang ada aja yah, namanya Palu Butung! Lanjut ke bawah aja!
 
Es Palu Butung
Nah, ini nih, es Palu Butung! Asalnya dari daerah Makassar sana! Widihhhh!
 
Mau liat gambarnya kan? Nih...
 
 
Buat kamu yang jarang denger nama es yang satu ini, mungkin kamu taunya es Pisang Ijo.. Nah, itu aliasnya dari Palu Butung. Isinya es ini pisang kepok yang udah dikukus ditambah bubur tepung beras terus dikasih sirup merah deh. Sirup yah, jangan obat merah. Kurang enak gosipnya kalo pake itu. 
 
Dari semua es ini, favorit kamu yang mana? Atau ada es ciri khas daerah kamu? Coba kasih fotonya dan ceritain ke kita semua yah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar