Sabtu, 16 November 2013

Cerita Agus Si Tukang Edit Foto Bareng JKT48

 
Ada kabar baik sekaligus kabar buruk nih untuk para VVota-nya JKT48. Beberapa waktu belakangan Agus Mulyadi, pemuda yang tinggal di Magelang yang menawarkan jasa edit foto bareng Oshi alias anggota JKT48, mendadak jadi pembicaraan.
 
Berawal dari foto yang tersebar di social media...
 
Agus nggak pernah nyangka kalau kemampuan seadanya ngedit foto di Photoshop bisa jadi ladang uang baginya. Awalnya ia hanya iseng membantu teman yang pengin banget dibikinin foto dirinya sedang bersebelahan sama artis. Dari situ, Agus sadar kalau ia bisa meraup keuntungan.
 
“Dari situ saya sadar, ternyata banyak juga orang yang pengin narsis dengan foto bareng idola kendatipun belum tercapai, saya sadar, bahwa di balik foto editan itu, ada peluang untuk menangguk uang. Dari situlah saya kemudian memberanikan diri membuka jasa edit foto bareng artis,” cerita Agus seperti yang ditulis di blognya.
 
Lewat iklan sederhana yang ia sebar ke Facebook, Twitter, dan forum-forum fanpage JKT48, Agus kebanjiran banyak banget pesanan. “Jebrett, tak sampai satu jam sejak saya sebar iklan saya, langsung banyak order yang masuk,” tulis Agus.
 
Bisa jadi, karena Agus masih malu-malu dan punya keterbatasan, orderan editan foto yang membanjir itu malah ia batasi jumlah. Alasan baiknya adalah, Agus ingin memberikan hasil editan yang maksimal. Kalau kebanyakan order nanti bakal ngerjain cepat dan seadanya.
 
Kalau dilihat-lihat, kemampuan edit foto Agus sederhana adanya. Semua orang bisa saja menjajalnya dengan belajar Photoshop satu-dua hari. Tapi, Agus itu pintar cari peluang, ia melihat ceruk bali pasar dengan hanya mengkhususkan diri untuk mengedit foto JKT48 saja.
 
Agus juga jago mengakali editannya, biar foto tidak terlihat manipulasi ia malah sekalian menggunakan efek-efek perubah tonal warna, jadinya nggak kentara kalau itu foto editan.
 
Banyak komentar yang dateng atas kerjaannya ini. Ada yang memuji ada juga yang mencaci. Kayaknya sih yang mencaci ngerasa iri karena dia keduluan karena nggak ngeliat peluang bisnis ini.
 
Namun, pada 7 November kemarin, Agus mengumumkan kabar nggak enak. Dia memberhentikan jasanya itu. Alasan utamanya sih karena dipermasalahkan hak cipta fotonya. Ya, apa pun keputusannya, selamat untuk Agus.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar