Kamis, 26 September 2013

10 Hal yang Harus Lo Lakukan Ketika Menginjak Usia Kepala 2


Usia 20 tahun itu cuma beda 1 tahun dari 19. Ya, terus? Hahaha. Aduh kenapa gue ketawa sama lawakan sendiri ya. Kaaknya baru kemarin lo dapet KTP, ternyata kemarin itu udah 3 tahun yang lalu.

Lo udah di usia 20 tahun, the next thing you know, lo udah 25 tahun. Biasanya tiap lebaran ditanyainnya kapan lulus kuliah, sekarang udah berubah jadi kapan mau dikenalin calonnya.  And the next thing you know, mungkin lo udah terjebak di pernikahan yang membosankan tapi anak lo udah 5. Hahahahahh. Eh, sorry... kayaknya ketawa gue kurang tepat. Wkwkwkwk. Nah, itu lebih gaul.

Usia 20-an, menurut gue, adalah usia di mana lo paling sering mengalami perubahan. Lo yang tadinya culun nggak punya rambut di mana-mana, tiba-tiba harus cukur dua hari sekali dan ini nggak cuma berlaku di cowok, cewek juga melakukan cukur-cukuran... yaitu rambut kaki.

Malu kali pake rok mini tapi bulu kaki serupa bulu kucing. Belum lagi status lo yang sekarang udah sedikit dewasa, udah bisa cari uang sendiri, udah bisa beli ini-itu semau-maunya. Cuma tagihan kartu kredit yang bisa menghentikan lo sekarang.

Nah, gue mulai mengobservasi, kira-kira apaan aja sih yang mesti lo lakuin pas usia lo udah mulai kepala 2. Here goes...

1.    Bikin Keputusan yang Salah
Hmmm...seperti yang udah sering lo denger, kalo lo nggak salah, lo nggak tahu mana yang bener. Walaupun kedengerannya membosankan dan klise, tapi menurut gue ini adalah salah satu hal yang lo harus lakukan, melakukan banyak hal, mencoba banyak hal, untuk tahu mana yang bisa lo lakukan untuk hidup lo dan mana yang nggak.

Selama ini lo selalu dinasihatin orang tua untuk fokus kuliah doang, nggak boleh sambil kerja. Nah, menurut gue sih nggak ada salahnya lo cobain sambil kerja, untuk tahu di mana batas kemampuan lo. Kali aja lo termasuk orang yang multitasking, meskipun penelitian banyak yang bilang multitasking itu nggak akan menghasilkan produktivitas.

Yang penting, kan, coba aja dulu. Kalo udah tau gak bisa dilakukan, baru deh lo berhenti.


2.    Beli Barang-Barang Original
Yes! Mulailah menjadi orang yang berbudaya di usia ini. Kalo lo pikir baca buku lewat iPad itu keren, ganti cepetan pikiran kayak gitu. Lo akan kehilangan kesempatan buat punya hubungan fisik (terdengar mesum, yes) dengan kertas-kertas yang tersusun jadi buku itu.

Datanglah ke toko-toko buku, beli buku. Baca buku yang bentuknya buku fisik. Dan jangan cuma beli stensilan. Kalau lo gak suka-suka banget baca buku, pergi ke toko musik, beli CD atau kaset atau sekalian piringan hitam.

Gue sih suka banget beli CD terus gue lihat ucapan terimakasih si musisi di album itu. Singkatnya, jadilah manusia yang berbudaya. Asik abis istilah gue. Lagian, nanti lo bakal bangga ngeliat apa yang udah lo kumpulin selama berada di usia ini.
 

3.    Punya Idola (Kalo Bisa yang Masih Hidup)
Seharusnya, sih, lo udah punya idola dari zaman lo masih SMA gitu. Tapi kalo belom punya, ini saatnya lo punya. Kalo lo masih kuliah, sebentar lagi lo akan kerja, dan kerja menghasilkan uang. Means, lo bakal punya kebebasan finansial untuk bisa beli apa pun, termasuk tiket n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar