Jumat, 27 September 2013

Pesantren Kilat Impian


Ada satu momok yang cukup bikin males bagi para pelajar, yaitu: pesantren kilat. Sebuah kegiatan belajar agam setahun sekali yang biasanya muncul pas bulan Ramadhan doang.

Kita semua tau, tujuan diadakannya kegiatan pesantren kilat ini pada dasarnya memang baik dan mulia. Tapi sayangnya, pesantren kilat yang diadakan rata-rata tuh kegiatannya ngebosenin, bikin ngantuk, dan paling ujung-ujungnya cuma dijadiin tempat numpang tidur doang sama pesertanya. Setuju gak? Kalo pun kamu gak setuju, tolong paksain aja biar setuju. Biar gak ribet.

Coba kalo pesantren kilatnya seru, dijamin panitianya gak perlu lagi tuh ngemis-ngemis siswa buat pada ikutan. Kalo seru sih, gak usah disuruh juga pasti pada ikutan, ya nggak? Ini nih yang gak dimengerti, sayang banget, padahal ini penting buat tumbuh kembang janin dalam kandungan usia 5 bulan anak muda, kegiatannya seru + wisata rohaninya dapet juga. Toh, belajar agama kan gak harus monoton dan ngebosenin.

Kalo kami sih, setuju-setuju aja sama kegiatan pesantren kilat. Cuma ya, karena kami orang-orangnya kreatif, tentunya kami kurang setuju sama model pesantren kilat yang gitu-gitu aja, bikin mati gaya doang. Nah, kalo misalnya kami ditunjuk jadi panitia penyelenggaraan pesantren kilat, yang pasti sih gak bakal monoton dan ngebosenin. Soalnya, kalo kami yang nyelenggarain, bisa jadi acaranya bakal jadi PETAKILAN (Pesantren Agama Kilat Impian).

Kalo biasanya pesantren kilat harus pake baju koko atau pakaian muslim lainnya, buat kami sih itu gak perlu. Soalnya kami menilai orang gak cuma dari penampilan luarnya aja, karena bisa aja dia pakaiannya bagus dan muslim abis tapi kelakuannya malah pakyu, sama aja bohong kan? Jadi, kamu gak perlu pake baju koko/pakaian muslim, pake aja baju kesayangan kamu, atau jersey bola favorite kamu, atau apapun gaya kesukaan kamu.

Karena bagi kami, penampilan itu hak masing-masing pribadi, dan penampilan gak ngejamin kamu agamanya bagus atau enggak, semua kembali lagi ke hati. Lagian kalo misalnya dipaksain pake baju muslim tapi malah gak nyaman kan gak baik, kita gak mau kamu terpaksa, kita pengennya kamu ikhlas dan terima apa adanya, tanpa paksaan.
(bentar, tarik nafas dulu, udah kebangetan bijak ini bahasannya, jarang-jarang begini)

Nah, gimana dengan penceramahnya? Kami ngerti kok kalo dengerin ustad-ustad yang udah tua dan gak menarik, kalian pasti males dan bosen, ya kan? Ngaku aja, kami juga pernah kok ngalamin kayak gitu. Nah, kami sih gak bakalan kaya gitu, kalo kami ngadain pesantren kilat, yang bakal kami datengin sih bukan bukan cuma ustad, tapi ustadzah juga. Nah, ustadnya kami pilih yang ganteng, sejelek-jeleknya kayak Primus deh. Dan ustadzahnya juga kami pilih yang cantik, minimal yang mirip-mirip Kate Upton deh.

Biar kenapa? Biar yang cewek dengerin ceramahnya gak ngantuk, dan yang cowok juga. Jadi ya senggaknya kan tuh ustad/ustadzah bakalan diperhatiin sama peserta pesantren kilat, bakalan diliatin mulu. Nah, kalo udah diperhatiin, pastinya kan juga didengerin, ya nggak? Ilmunya jadi nyampe deh. (sakarepmu)

Selain itu, untuk urusan seni juga gak bakal kami lupain, bahkan akan kami prioritaskan. Karena kami kurang suka sama musik nasyid yang kurang cocok di kuping kami, nanti di pesantren kilat impian kami akan ada nuansa musik lain. Untuk acara pembukaan, akan kami tampilkan DJ Set. Steve Aoki bisalah kami datengin. Kebetulan lumayan akrab sama dia, udah pas kan tuh potongan mukanya, tinggal kasih peci aja. Nanti kita daulat Aoki buat bikin remix musik-musik bernuansa islami, biar pas sama suasana dan temanya aja, bisa diaturlah itu.

Pesantren kilat gak lengkap tanpa acara buka puasa bersama. Malah, dalam beberapa kasus, inilah acara yang ditunggu dan paling dinantikan para peserta. Kapan lagi bisa makan enak beragam pilihan tersedia cuma-cuma. Udah gitu bareng temen lagi. Jadi, karena ini acara yang sungguh dinantikan, maka kami gak mau ngecewain para peserta, ini sudah kami persiapkan matang-matang. Kami akan menghadirkan Chef Juna, Junaedi, yang khusus akan kami daulat buat bikin masakan mewah untuk para peserta.

Selain itu, nanti kami akan buat games yang bernama “Master Chef Ustad Edition” di mana para ustad dan penceramah di pesantren kilat akan menjadi pesertanya. Biar kita semua bisa liat bagaimana rasanya para penceramah diceramahin balik sama Chef Juna, Junaedi. Gantian, biasanya mereka yang ceramahin orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar