Seperti kata pepatah “Mensana in corporesano”, yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sekarat kuat. Konon kata ilmuwan, musik bisa memengaruhi aktivitas otak dan menyehatkan jasmani dan rohani. Saat kamu mendengarkan sebuah lagu emosi kamu akan terpengaruh dan bisa mengubah mood yang tadinya murung jadi semangat, begitu pula sebaliknya. Untuk itu kita gak bisa hidup tanpa musik.

Gitar adalah salah satu alat musik universal yang paling mudah dipelajari semua kalangan termasuk kamu. Nah, kamu pasti pengin bisa main gitar dan memainkan lagu kesukaan kamu atau menciptakan lagu untuk berkarya kan? Untuk itu, berarti harus bisa main gitarnya dulu.

Mungkin di antara kamu udah ada yang bisa bahkan jago main gitar. Tapi di antara kamu-kamu pasti ada yang pernah jadiin lagu-lagu di bawah ini sebagai lagu pertama yang kamu pelajarin kuncinya sekaligus jadi saksi masa-masa awal kamu belajar gitar.

Mimpi yang Sempurna
Meskipun Peterpan udah ganti nama jadi Noah, siapa yang gak tau lagu Mimpi yang Sempurna? Nenek-nenek berkalung sorban aja tau. Lagu ini adalah salah satu single andalan Peterpan pada masanya dulu, yang bikin namanya naik daun. Selain enak didengerin, lagu ini juga gampang dimainin.


Buat kamu-kamu yang baru belajar main gitar, lagu ini cocok banget untuk melatih jari-jari kamu untuk memindahkan satu kunci nada ke kunci lainnya. Karena lagu ini cuma dimainkan dengan 4 kunci nada. Mulai dari Intro, reff, sampe akhir lagu kunci gitarnya cuma Em, C, G, dan D. Gitu-gitu aja terus sampe mantan kamu nikah nanti.

Zombie
Bukan, bukan zombie mayat hidup yang serem itu, apalagi Plants vs Zombie. Yang kami maksud adalah Zombie lagu dari band legendaris asal Irlandia, The Cranberries, kalo kamu suka dengerin lagu-lagu lama pasti tau lagu ini.

Nah, untuk kamu yang pengin belajar lagu ini, simak tutorialnya...


Sama halnya kayak lagu Mimpi yang Sempurna-nya Peterpan, lagu Zombie-nya Cranberries juga dari awal sampe akhir lagu kunci itu-itu aja: Em, C, G, dan D. Jadi, kalo kamu udah fasih ngegenjreng lagu Mimpi yang Sempurna, kamu gak akan menemukan kesulitan memainkan lagu ini, paling cuma menyesuaikan irama genjrengannya aja. Make it simple!

Semua Tentang Kita
Buat kamu-kamu yang lagi galau karena baru putus dan kebetulan lagi belajar main gitar, kami rekomendasikan kamu untuk belajar main gitar dengan lagu ini Peterpan – Semua Tentang Kita, lagu ini pasti gak asing di telinga kamu. Selain lirik lagunya pas banget sama suasana hati kamu, lagu ini juga gampang dimaininnya. Jadi, kamu bisa belajar main gitar sambil makan nasi padang menangis meraung-raung.

Simak baik-baik tutorialnya dan pelajari perlahan supaya jari-jari tangan kamu gak sakit, lagu ini juga bisa mengasah kemampuan teknik memetik senar.


Untuk kunci gitar lebih lengkapnya klik di sini.

Tapi bagi yang masih belajar, biasanya sih mainnya digenjrengin dulu buat ngapalin kunci. Kalo udah hafal, baru deh belajar petikan gitarnya.

Laguku
Lanjuuuttt ~ Kalo tadi lagu galau, berikut ini lagu yang multitasking buat kamu belajar main gitar plus nembak gebetan. Lagu lawas band Ungu ini sering banget dipake buat nembak gebetan sampe zaman sekarang loh, pasti Pasha dkk. masuk surga karena banyak orang yang jadian karena lagu ini.