Kamis, 26 September 2013

Lagu-Lagu yang Salah Menggunakan Kata-Kata


Menurut kalian, mana yang paling penting dalam sebuah lagu, lirik atau musiknya? Sebetulnya dua-duanya sama-sama penting sih. Kalo lirik bagus, puitis, touching, tapi musiknya gak enak, pasti pesan liriknya juga gak nyampe. Begitu juga kalo musiknya bagus tapi liriknya jelek, kita juga pasti males dengernya.

Lirik dan musik itu kayak sepasang kekasih. Yang cowok harus bisa melengkapi yang cewek, yang cewek juga harus bisa melengkapi yang cowok. Eh tapi, kalau jomblo harus melengkapi siapa ya? Ooooh, kalo yang jomblo sih perlunya dilengkapi.

Lagu-lagu di Indonesia sih liriknya beragam. Mulai dari yang galau, yang ceria, bahkan yang gak jelas juga ada. Yang galau, ada liriknya Cinta Ini Membunuhku dari D’Masiv. Yang ceria, ada liriknya J-Rocks di lagu Ceria. Dan yang liriknya gak jelas, dengerin aja lagu-lagu dangdut zaman sekarang.

Tapi, ada loh lirik lagu yang selalu kita denger tapi ternyata lirik itu menggunakan kata-kata yang salah. Dan kadang, kita gak sadar kalau liriknya itu salah. Mau tahu apa aja? Markidot, mari kita cekidot!

Adera – Lebih Indah


Reff di lagu Lebih Indah itu,

“Dan kau hadir, MERUBAH segalanya...”

Kalian merasa ada yang salah? Ya, yang salah itu kata “merubah”-nya. Kata “merubah” ini salah, karena yang betul itu “mengubah”. Soalnya kata yang berawalan huruf vokal “u” kalo ketemu imbuhan awalan “me-“ jadi “meng-“, contohnya menguji.

Kalian tahu gak “merubah” itu apa? Merubah itu ini:


Yovie and The Nuno – Sampai Akhir Waktu


Di bagian interlude lagu itu, liriknya gini:


“Yang kuingin, bukan sekedar hanya untuk pacaran...”


Yang salah dari lirik itu tuh kara “sekedar” yang betul harusnya “sekadar”. Selain itu, “hanya sekedar” itu harusnya gak bersampingan, karena “hanya sekedar” itu jadinya pemborosan kata. Pake salah satu aja.

Wah wah wah, jadi kayak lagi koreksi ulangan perlajaran Bahasa Indonesia gini ya. Selanjutanya ada lagu...

Coboy Junior – Kamu


Setelah reff pertama, ada lirik kayak gini:

 “Nanti, aku follow Twitter-mu, aku tunggu retweet-mu”

Ini ada yang salah juga. Masa kita yang follow dia, dia yang bakal retweet kita? Pas kita follow dia, dia kan belum tentu follback kita. Kalo kita follow dia, tapi dia gak follow kita, kemungkinan besar dia kan gak akan retweet kita. Gitu.

Kangen Band – Doy


Di lagu ini ada lirik kayak gini:

“Sejuk sepi sedang dan tanyakan bintang, hanya kau lah yang ku sayang.”

Pertanyaan ketika mendengar lirik itu adalah “sejuk sepi sedang” itu apa? Sejuknya sedang-sedang saja? Apa sepinya sedang-sedang saja? Kami coba nyari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia sampai Kamus Besar Bahasa Galau, hasilnya gak ada. Huft.

Sule dan Andre – Follow Me


Kalau di lagu yang sau ini, liriknya lucu dan jenaka. Tapi ada juga yang kata-katanya salah. salah satunya lirik bagian ini:

“Aku I miss you ka salira”

Di sana udah ada kata “aku” tapi ditambahin juga “I”. Tentunya itu pemborosan. Sekalian aja liriknya “Aku saya abdi kuring I miss you ka salira”.

Tapi ya, kadang kesalahan-kesalahan penggunaan kata di lagu itu demi kepentingan nikmatnya lagu di telinga. Kadang giliran diganti jadi yang benar, malah jadi gak enak didengar. Intinya sih, musik itu untuk dinikmati. Tapi kalau enak dan benar, pasti lebih keren lagi.

Nah, setelah tadi kita mengecek lirik yang kata-katanya salah. Coba sekarang giliran kalian, di antara lagu yang suka kalian denger lagu mana yang liriknya salah? Share di kolom comment ya..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar