Jumat, 27 September 2013

Foto Esai: Foto Bagus Gak Harus di Tempat Keren

 
Siapa  di sini yang males jalan-jalan buat foto-foto di Jakarta? Kalo menurut kamu di Jakarta gak ada apa-apa dan gak menarik buat difoto, ya emang sih. Tapi ya gak semuanya bener juga. Sebenernya yah, di mana aja tuh pasti ada aja yang bisa difoto, ya bukan harus foto narsis juga sih. Foto-foto muka sendiri gitu. Nah, kali ini kami akan ajak kamu muter-muter di dalam kamar, sambil berilusi di Jakarta!

Kalo kamu pengen foto-foto, yang pasti kamu harus persiapkan dahulu kamera kamu baik-baik. Kamu bisa pake DSLR, atau pun kamera saku digital, bahkan kamera HP sekalipun. Setelah semua dipersiapkan dengan baik, baterainya juga sudah dicharge dan slot memori sudah disiapkan, maka kamu tinggal menentukan lokasi untuk kamu foto-foto nanti. Yang perlu dipikirkan juga tentunya transportasinya, kamu lebih enak naik apa ke sananya? Bisa naik bis, naik motor, atau jalan kaki. Yang pasti sih pas foto-foto enakan jalan kaki. Jadi kamu bisa lebih mudah ngeliat-liat objek yang bisa difoto. Jangan lupa juga siapin payung atau jas ujan, jadi aman kalo tiba-tiba sampe ujan.

Spot untuk foto juga gak mesti di tempat-tempat yang keren, malah kalo bisa kamu cari tempat yang jarang didatengin orang. Siapa tau kamu malah nemuin spot yang lebih keren lagi, selain itu juga fotonya gak bosenin alias lain dari yang lain. Bisa aja kamu turun di mana gitu, terus muter-muter aja di situ, cari objek yang oke walaupun di tempat-tempat biasa, contohnya kayak foto di bawah ini...

Nah, siapa tau aja kamu bisa dapetin momen kayak gini

Kalo kamu suka dengan foto arsitektur, kamu bisa juga cari gedung-gedung yang bentuknya keren, kan banyak tuh sekarang. Atau bisa juga rumah-rumah tua, atau gedung pabrik tua, pokoknya cari-cari aja yang kamu suka. Sekali lagi cari tempat-tempat yang gak banyak orang tau, biar objek kamu jadi lebih menarik.


Selain tempat-tempat tadi, kamu juga bisa ngakalin dengan ngambil bagian-bagian yang gak lazim orang foto, misalnya seperti ini...


Nah yang terakhir, kamu juga bisa manfaatin waktu pengambilan foto. Biasanya yang bagus tuh pagi-pagi, atau saat golden time, kira-kira hampir berdekatan dengan waktu matahari terbenam. Suka liat kan langit jadi warna-warni bagus banget, apalagi kalo abis ujan gitu? Ini beberapa contohnya...


Jadi, foto bagus tuh ternyata nggak sepenuhnya tergantung dari tempat yang jadi objek, tapi kembali ke kepekaan orang di belakang kamera itu. Tempat biasa, kalo ngambilnya tepat, bakal jadi keren juga.

Sekarang mau kan muter-muter untuk foto-foto? Jangan patah semangat kalo kamu dapet hasil yang kurang oke. Semuanya butuh proses. Semakin banyak jam terbangnya, pasti kemampuan kamu makin terasah, dan pastinya foto kamu jadi makin kece.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar