Jumat, 27 September 2013

Lakukan Semua Ini Sebelum Terlambat


Penyesalan selalu dateng terlambat, sebab kalo di depan itu namanya bayar uang muka cicilan. Banyak hal yang bisa menyebabkan penyesalan terjadi, di antaranya lupa, lengah, atau menganggap enteng. Padahal kalo udah kejadian itu rasanya nyesek banget. Akhirnya kamu cuma bisa bilang, “Coba gue dulu udah ngelakuin itu, jadinya sekarang gue gak perlu nyesel gini.”

Di sinilah kamu mengambil keputusan yang tepat dengan membaca artikel ini. Karena kami akan ngasih tau dan ngingetin kamu apa-apa aja yang wajib kamu lakuin, sebelum semuanya terlambat dan yang ada hanya penyesalan.

1.  Backup data komputer
Skenario : Salah satu hal paling ngeselin ketika kamu lagi asik-asik nonton papa_jahat.3gp ngerjain sesuatu di komputer adalah mati lampu. Terus belom selese tuh absen penghuni kebun binatang keluar dari mulut kamu, listrik idup lagi. Begitu kamu baru aja nyengir lebar, kecium bau angus. Ternyata power supply kamu korslet dan bikin rusak hard disk kamu. Ilang deh tuh data-data koleksi bokep kerjaan.
Rasanyaaa...

Kebayang kan berapa lama waktu yang harus diabisin kalo kamu ngelakuin semuanya lagi dari awal? Bukan cuma masalah itu, tapi kendala utamanya adalah mood yang keburu ancur. Makanya, jangan pernah lupa yang namanya backup data. Hal ini wajib kamu lakukan secara rutin. Minimal sebulan sekali untuk data-data general atau sebaiknya tiap hari untuk file kerjaan yang sedang dalam proses dan memakan banyak waktu.

Yang harusnya kamu lakukan :
  • Kamu bisa beli external hard disk kalo pengen muat data banyak atau misalnya kalo gak punya duit lebih, kamu bisa beli aja thumb drive atau flash disk.
  • Kalo kamu terkoneksi dengan internet (terutama yang internetnya kenceng) kamu bisa backup data di cloud drive seperti Google Drive, DropBox, atau iCloud. Dan untuk kamu yang kantongnya agak tebelan dikit, paling oke kalo kamu ngerjain kerjaan dengan aplikasi yang udah ada fasilitas sync otomatis, seperti Microsoft Office 2010 ke atas atau Adobe Creative Cloud.
  • Untuk kamu yang mobile, backup data smartphone sendiri sebenernya caranya cukup sederhana. Smartphone zaman sekarang (Android, iPhone, Windows Phone, dan BlackBerry) ada menu sync dan backup di aplikasi bawaan untuk komputer kamu. Tinggal kamu berdayakan aja.
  • Jangan lupa pasang reminder di smartphone kamu untuk jadwal backup. Atau dengan sentuhan minimalis dan manis pasang post it note di atas monitor yang kamu liat tiap hari dengan tulisan “JANGAN LUPA CTRL+S. BACKUP SETIAP AKHIR BULAN. MOTOR CUSTOM KAPAN KELAR?!” (oke, yang terakhir itu curhatan penulis).

2.  Fotokopi STNK, KTP, dan surat penting lainnya
Skenario: Dandan udah ganteng, wangi baru pake CK Blue impor (oleh-oleh), rambut klimis pake pomade Murray’s (minta temen), sepik udah lancar, sekarang mobil (DP murah, cicilan masih 6 taun lagi) kamu lagi menepi buat nyatain cinta ke gebetan di sebelah kamu. Kamu ngerasa kencan kamu gak bakal lebih perfect dari ini.

Eh, tau-tau kaca pintu diketok polisi. Dan pas mau ngeluarin dompet buat ngasih liat STNK dan SIM (nembak) kamu, kamu sadar kalo dompet kamu ilang. Jadinya kamu ngurusin deh di kantor polisi. Udah gitu ternyata kamu gak ada cadangan surat-surat buat klaim kehilangan. Buyar sudah rencana weekend dan punya pacar. Yang ada, gebetan kamu ngambek...


Yang harusnya kamu lakukan :
  • Fotokopi semua yang kamu anggep penting, yang banyak. Kamu perlu ngelakuin ini karena kalo fotokopian kamu ilang pun kamu masi ada cadangannya. Sebelum kamu ke sana, sekalian deh fotokopi KTP, KK, ijazah, dan lain-lainnya. Better safe than sorry.
  • Alternatif selain fotokopi adalah kamu bisa scan dokumen-dokumen itu dan simpen di hard disk kamu. Jangan lupa juga di-backup.
  • Gak usah belagak nembak di mobil. Kalo cewe itu mau sama kamu, nembak di bangku panjang sambil makan somay aja dah pasti sukses... kalo emang bisa ngambil hatinya.

3.  Latihan dan persiapan lainnya
Skenario : Kamu lagi menghadapi UAS, santai aja, open book katanya. Gak usah belajar, bawa buku sama fotokopian catetan temen, aman. Kali aja bisa colong-colong googling. Minimal B aja mah dapet ini. Eh taunya kamu salah liat jadwal. Hari ini ujian yang lain. Tutup buku. Pake Kalkulator. Salah ruangan. Terlambat 1 jam. Gak bawa kartu ujian. Okeh sip. Sampai jumpa semester depan.


Yang harusnya kamu lakukan :
  • Ketika musim ujian tiba, gak ada salahnya kamu cek dan ricek jadwal ujian kamu, hindari SKS (sistem kebut semalam), dan persiapkan semua kelengkapan ujian kamu minimal seminggu sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar